Tiongkok Masih Punya Ruang Meningkatkan Defisit Anggaran Hingga 4%

674

Tiongkok bisa meningkatkan defisit anggaran sampai 4 persen dari PDB atau bahkan lebih tinggi untuk mengimbangi dampak dari berkurangnya pendapatan fiskal dan untuk mendukung reformasi yang lebih luas, seorang pejabat bank sentral menulis pada hari Rabu.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh “The Economic Daily,” direktur departemen survei dan statistik bank sentral, Sheng Songcheng mengatakan defisit kenaikan tidak akan menimbulkan risiko kebangkrutan besar bagi pemerintah.

Tiongkok menaikkan defisit anggaran menjadi 2,3 persen dari PDB pada tahun 2015, naik dari 2,1 persen pada rasio defisit 2014 sebesar 3 persen, sebagaimana tercantum dalam Perjanjian Maastricht tahun 1992, biasanya dianggap sebagai garis merah.

Lihat : Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Bukukan Rekor Terendah Sejak Tahun 2009

Tapi Sheng mengatakan menurutnya tidak boleh ada garis merah universal. Sebaliknya, rasio harus ditentukan oleh keseimbangan utang dan struktur negara, kondisi ekonomi dan tingkat suku bunga, tambahnya.

“Garis peringatan 3 persen tidak sesuai dengan kenyataan Tiongkok,” katanya, mengutip hutang Tiongkok relatif kecil, struktur rasional, terus pertumbuhan pendapatan fiskal dan aset yang solid dari perusahaan negara sebagai salah satu faktor yang mendukung kesimpulannya.

Ekonomi Tiongkok tumbuh 6,9 persen YoY pada 2015, ekspansi tahunan terendah dalam seperempat abad, mendorong pemerintah untuk berbuat lebih banyak penguatan fiskal untuk mengatasi perlambatan.

Awal bulan ini, wakil menteri keuangan Liu Kun mengatakan Tiongkok secara bertahap akan meningkatkan rasio defisit fiskal, meningkatkan masalah utang pemerintah dan menetapkan batas utang pemerintah lokal baru.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here