Inflasi Januari Jepang Datar, Mendorong Harapan Stimulus BOJ

1161

Inflasi Jepang datar pada bulan Januari dari tahun sebelumnya setelah naik selama dua bulan berturut-turut, terbebani oleh penurunan lanjutan harga yang berhubungan dengan energi, demikian disampaikan Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi dalam sebuah laporan, Jumat (26/02).

Indeks harga konsumen inti, yang tidak termasuk harga makanan segar yang mudah menguap, berada pada 102,6 melawan tingkat 2010 pada basis 100.

japan-inflation-cpi

Tingkat inflasi masih jauh di bawah target 2 persen yang ditetapkan oleh Bank of Japan. Di tengah harga minyak mentah lebih rendah, harga energi merosot 10,7 persen, dengan harga bensin jatuh 16,7 persen dan minyak pemanas geser 26,3 persen.

Sementara itu, harga televisi melonjak 15,8 persen, namun kenaikan itu lebih kecil dari kenaikan 22,4 persen pada Desember.

“Terlepas dari penurunan harga energi karena efek dari harga minyak mentah yang lebih rendah, tren harga tetap tidak berubah,” kata seorang pejabat kementerian.

Lihat : Saran OECD Untuk Reformasi Ekonomi Jepang

CPI inti untuk Tokyo pada bulan Februari, dilihat sebagai indikator untuk indeks nasional, turun 0,1 persen dari tahun sebelumnya menjadi 101,3 untuk penurunan bulanan kedua berturut-turut.

Data ini menggarisbawahi tantangan yang dihadapi Bank of Japan, bahkan setelah keputusan mengejutkan bulan lalu untuk mengadopsi suku bunga negatif, dalam menghasilkan siklus positif di mana kenaikan laba perusahaan menaikkan upah dan konsumsi.

BOJ bulan lalu mengadopsi suku bunga negatif untuk melengkapi program pembelian aset besar-besaran, langkah yang bertujuan untuk mencegah lonjakan yen dari menekan kepercayaan bisnis dan menunda lanjutan deflasi.

Bank sentral saat ini mengharapkan inflasi untuk mencapai 2 persen di semester pertama tahun fiskal 2017, proyeksi banyak analis mengatakan terlalu optimistis karena belanja konsumen yang lemah dan merosot biaya minyak terus membebani pertumbuhan harga.

Hasil inflasi yang lemah ini mendorong harapan stimulus lanjutan dari Bank of Japan.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here