Ekonomi Korsel Melemah; Produksi Industri, Penjualan Ritel Dan Ekspor Merosot

1753

Produksi industri di Korea Selatan jatuh pertama kali di bulan ini pada tahun 2016, setelah rebound pada bulan sebelumnya, meningkatkan kekhawatiran tentang kemerosotan ekonomi di tengah permintaan domestik yang suram dan ekspor lamban, sebuah laporan pemerintah Korea Selatan menunjukkan pada Rabu (02/03).

Produksi industri menyusut 1,2 persen pada Januari dari bulan sebelumnya, menurut Statistik Korea. Turun dari pertumbuhan 1,3 persen pada Desember ketika produksi dilaporkan rebound pertama dalam tiga bulan.

Sedangkan Penjualan ritel turun 1,4 persen pada Januari secara bulanan. Permintaan barang non-tahan lama dan semi-tahan lama, termasuk makanan dan minuman dan pakaian, naik, namun penjualan di barang-barang seperti mobil anjlok 13,9 persen.

Lihat : Korsel Bukukan Surplus Transaksi Berjalan 47 Bulan Berturut

Investasi fasilitas turun 6 persen dengan investasi mesin dan peralatan transportasi anjlok masing-masing 2,5 persen dan 11 persen.

Ekspor, yang mencapai sekitar setengah dari ekonomi, dilaporkan mengalami tren penurunan terpanjang selama 14 bulan berturut-turut pada bulan Februari ketika ekspor menurun 12,2 persen dari tahun sebelumnya.

Yang menekan ekspor, investasi perusahaan dan konsumsi swasta memberikan kekhawatiran bahwa ekonomi mungkin jatuh ke perlambatan ekonomi yang berkepanjangan. Para analis pasar khawatir bahwa ekonomi mungkin gagal untuk mencapai pertumbuhan 3 persen tahun ini.

Produksi di sektor konstruksi naik tipis pada bulan Januari, tapi hasil di industri manufaktur dan jasa menunjukkan gambaran pesimis, menyeret ke kegiatan industri secara keseluruhan.

Produksi dalam industri pertambangan dan manufaktur turun 1,8 persen pada Januari dari bulan sebelumnya karena permintaan turun untuk semikonduktor dan mobil.

Persediaan antara produsen naik 2,2 persen di tengah permintaan domestik yang rapuh. Produsen melaporkan tingkat kapasitas rata-rata 72,6 persen pada Januari, turun 1,1 poin persentase dari bulan sebelumnya.

Produksi antara perusahaan jasa turun 0,9 persen di belakang permintaan yang lemah untuk olahraga dan kegiatan rekreasi serta kelemahan dalam sektor publikasi dan penyiaran.

Penjualan di department store, rantai diskon dan supermarket meningkat pada Januari, namun penjualan mobil dan bahan bakar jatuh 14,2 persen secara bulanan di tengah harga minyak mentah lebih rendah.

Pesanan mesin, termasuk kapal, anjlok 16,1 persen pada Januari dari tahun sebelumnya karena permintaan turun untuk mobil dan peralatan transportasi.

Konstruksi berakhir naik 1,3 persen pada Januari secara bulanan berkat pertumbuhan pembangunan perumahan, namun pesanan konstruksi turun 6,4 persen secara tahunan.

Faktor siklus indikator terkemuka, yang mencerminkan prospek ekonomi, turun 0,2 poin pada bulan Januari dari bulan lalu, dengan angka untuk indikator bertepatan jatuh 0,2 poin.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here