Bursa Wall Street Berakhir Naik Jelang Data Pekerjaan Jumat

541

Bursa Saham AS ditutup naik pada akhir perdagangan Kamis, menjelang data pekerjaan Jumat.

Indeks saham utama rata-rata utama naik lebih tinggi, dengan Indeks Dow Jones Industrial Average berakhir sekitar 44 poin lebih tinggi dan S & P 500 naik sekitar 7 poin. Sektor Energi memimpin kenaikan dan ditutup naik lebih dari 1 persen, di wilayah positif untuk tahun ini sejauh ini.

Indeks Nasdaq meraih kenaikan 4 poin dan berakhir 10,03 persen di bawah dari 52 minggu intraday tinggi, di tepi batasan keluar dari wilayah koreksi. Sedangkan Indeks S & P dan Dow Jones keduanya dalam 10 persen dari tertinggi 52-minggu mereka.

Lihat : Bursa Wall Street Berakhir Naik Terbantu Positifnya Data Ekonomi AS

Dow tranpsort unggul, menutup 1,13 persen dan di wilayah positif untuk 2016. Russell 2000 ditutup naik hampir 1 persen.

Hasil Treasury yang perdagangan sore rendah, dengan yield 2-tahun di dekat 0,83 persen dan yield 10-tahun sekitar 1,83 persen.

Dolar AS lebih dari setengah persen lebih rendah terhadap mata uang utama dunia, dengan euro di $ 1,096 dan yen di ¥ 113,60 terhadap greenback.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan laporan kerja Februari untuk menunjukkan 190.000 nonfarm payrolls dan tingkat pengangguran tidak berubah pada 4,9 persen.

Pada penutupan Kamis, indeks rata-rata utama AS berada pada kecepatan untuk tiga minggu kemenangan beruntun pertama mereka tahun 2016, dengan keuntungan 1,8 persen atau lebih.

“Saya pikir ini lebih dari pengurangan kekhawatiran dari Tiongkok, minyak dan bank sentral,” kata Douglas Cote, kepala strategi pasar di Voya Investment Management.

Survey ISM non-manufaktur untuk Februari datang di 53,4, di atas ekspektasi tapi turun dari hasil pembacaan Januari 53,5. ISM non-manufaktur ketenagakerjaan turun di bawah garis 50 kontraksi-ekspansi untuk pertama kalinya dalam dua tahun, yaitu pada 49,7

Sharon Stark, ahli strategi pendapatan tetap di D.A. Davidson, mengatakan angka jasa ISM lebih lemah dari ekspektasi, terutama dengan pekerjaan di bawah 50.

Dalam berita ekonomi lainnya, PMI jasa Februari Markit terakhir adalah 49,7, turun dari akhir 53,2 cetak bulan Januari dan terendah sejak Oktober 2013.

Januari pesanan pabrik naik 1,6 persen. pesanan barang tahan lama direvisi sedikit lebih rendah menunjukkan kenaikan 4,7 persen, dibandingkan sebelum kenaikan 4,9 persen.

Menjelang bel pembukaan, klaim pengangguran mingguan naik di 278.000. Revisi produktivitas kuartal keempat turun 2,2 persen, sedangkan biaya tenaga kerja Unit naik 3,3 persen.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 44,58 poin, atau 0,26 persen, di 16,943.90, dengan kenaikan tertinggi saham Caterpillar dan saham McDonald penurun terbesar.

Indeks S & P 500 ditutup naik 6,95 poin, atau 0,35 persen, pada 1,993.40, dengan sektor energi memimpin delapan sektor yang lebih tinggi, sedangkan sektor perawatan kesehatan dan teknologi informasi menjadi penurun terbesar.

Indeks Nasdaq ditutup naik 4,00 poin, atau 0,09 persen, pada 4,707.42. Apel naik 0,74 persen.

Malam nanti akan dirilis data indikator ekonomi AS yang didominasi penguatan.

Non Farm Payrolls Februari, diindikasikan meningkat dari hasil sebelumnya.

Non Farm Payrolls Private Februari, diindikasikan meningkat dari hasil sebelumnya.

Balance of Trade Januari, diindikasikan melemah dari hasil penurunan sebelumnya.

Unemployment Rate Februari, diindikasikan sama dengan hasil sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak positif dengan perkiraan data ekonomi AS yang didominasi penguatan.

 

Freddy/VMV/VBN/Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here