Bank Tiongkok Kucurkan 10 Miliar Yuan Untuk Likuiditas Pasar Keuangan

1455

Bank Rakyat Tiongkok mengucurkan 10 miliar yuan bersih (1,54 miliar dolar AS) untuk mengalirkan dana dari pasar uang pada Selasa setelah sebelumnya dikeluarkan reverse repurchase agreements (repo) yang jatuh tempo.

Bank Rakyat Tiongkok mengeluarkan 20 miliar yuan repo pada hari Selasa, tapi dengan senilai 30 miliar yuan repo yang jatuh tempo pada hari yang sama, bank sentral akhirnya menguras bersih 10 miliar yuan untuk hari ini. Ini mengikuti pengambilan 20 miliar yuan dari sistem keuangan pada hari Senin.

Program likuiditas ini telah membaik setelah bank sentral memotong rasio persyaratan cadangan bagi bank komersial sebesar 0,5 poin persentase pada tanggal 1 Maret, kata para analis.

Lihat : Pinjaman Baru Yuan Tiongkok Februari Menurun Tajam2

Stabilisasi bertahap yuan dan berkurangnta tekanan arus modal keluar juga memberikan bank sentral alasan yang baik untuk memperlambat menyuntikkan uang ke dalam sistem keuangan.

Di sela-sela sidang parlemen tahunan negara itu, Gubernur bank sentral Zhou Xiaochuan mengatakan Sabtu bahwa yuan telah mulai kembali ke tingkat normal dan wajar setelah volatilitas.

Di pasar antar bank Selasa, patokan semalam Shanghai Interbank Offered Rate (Shibor), yang mengukur biaya di mana bank-bank China meminjamkan kepada yang lain, naik 0,4 basis poin menjadi 1,953 persen.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here