Tekanan Rupiah Selasa Berlanjut, Asing Tetap Setor Dananya

532

Mengakhiri perdagangan  pasar valas tanah air hari Selasa (15/03), pelemahan rupiah yang terjadi sejak awal perdagangan masih terus berlangsung dan semakin bertambah volume pelemahannya oleh penguatan dollar terhadap rival utamanya sejak awal perdagangan.

Dampak  penurunan rupiah  sepanjang hari  di bursa saham tidak berlanjut ke aksi asing jual saham, justru  asing menambah aksi beli saham dan tercetak  net buy  sebesar Rp26 miliar lebih. Namun  IHSG  yang dibuka negatif terus bertahan di zona merah dengan penurunan 0,6 persen ke posisi 4850.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot sore ini bergerak negatif dengan posisi penurunan  0,82% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13164/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13071/US$. Pelemahan kurs hingga  siang ini seiring  dengan pelemahan yang dilakukan BI terhadap  kurs jisdor dan juga kurs transaksi antar bank.

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperlemah ke posisi 13087  dari hari sebelumnya 13020 pada hari Senin (14/03),  sedangkan kurs transaksi antar bank melemah  ke posisi 13152   dari posisi 13085 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah  masih bergerak positif kembali  oleh proyeksi pelemahan kurs dollar terhadap rival-rivalnya.

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here