Inflasi Februari Zona Euro Mixed, Harga Energi Penghambat Utama

717

Harga konsumen zona Euro turun 0,2 persen secara tahunan pada bulan Februari, demikian kantor statistik Uni Eropa, Eurostat mengatakan pada hari Kamis (17/03) mengkonfirmasi perkiraan sebelumnya dan perkiraan ekonom.

euro-area-inflation-cpi (2)

Inflasi secara bulanan di 19 negara anggota zona euro naik sebesar 0,2 persen, Eurostat mengatakan, sedikit di atas perkiraan. Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan kenaikan 0,1 persen.

Lihat : Produksi Industri Januari Zona Eropa Melonjak 2%

Inflasi inti, yang dalam definisi Bank Sentral Eropa tidak termasuk harga yang lebih stabil energi dan makanan yang belum diproses, adalah 0,8 persen secara tahunan, mengkonfirmasikan perkiraan Eurostat sebelumnya, tapi lebih dari yang diperkirakan para ekonom yang memperkirakan kenaikan 0,7 persen.

euro-area-core-inflation-rate

Tidak termasuk energi, tembakau, makanan dan alkohol, indikator yang ekonom perhatikan, inflasi zona euro adalah 0,8 persen secara tahunan dan 0,4 persen setiap bulan.

Harga energi dikonfirmasi sebagai hambatan utama terhadap inflasi zona euro, yang turun 8,1 persen pada Februari dari tahun ke tahun, sedikit lebih dari -8,0 persen sebelumnya diperkirakan oleh Eurostat. harga energi turun 1,3 persen secara bulanan.

Harga di sektor jasa naik 0,9 persen secara tahunan, kenaikan tertinggi dalam komponen harga yang dianalisis oleh Eurostat.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here