Preview: Initial Jobless Claims AS

697

Minggu lalu klaim awal tunjangan pengangguran AS turun 18.000 mencapai 259.000. Angka ini jauh lebih baik daripada yang diperkirakan membukukan level terendah sejak 31 Oktober 2015. Minggu lalu para ekonom memperkirakan klaim baru pengangguran sebanyak 272.000. Angka rata-rata bergerak empat minggu juga turun sebanyak 2.500 menjadi 267.500, angka terendah sejak minggu yang berakhir pada tanggal 31 Oktober.

Sebagian ahli mulai mempertanyakan signal bullish di “initial jobless claims”, menuduh bahwa angka-angkanya kelihatan terlalu bagus. Ekonomi kelihatannya sedang berada di dalam bahaya jatuh ke dalam resesi yang baru, tetapi outlook untuk pertumbuhan tetap terbaik. Fed Atlanta saja, awal minggu ini menurunkan perkiraan pertumbuhan GDP kuartal pertama menjadi 1.9%. Hal itu cukup memelihara negara dengan ekonomi terbesar di dunia ini bergerak maju, tetapi masih dalam kecepatan yang lambat secara standard historik.

Meskipun demikian, pengajuan untuk tunjangan pengangguran tetap berada di depan dalam memberikan signal makro yang bullish. Klaim pengangguran turun pada rilis data minggu lalu, mendekati terendah yang baru dalam multi-dekade. Penurunan yang tajam secara mengejutkan di dalam pengajuan tunjangan pengangguran ke 259.000 untuk minggu pertama bulan Maret dengan kuat menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja cenderung akan berkembang untuk jangka waktu yang pendek.

Kepala investasi di Plante Moran Financial Advisores mengatakan kepada Reuters pada minggu yang lalu,”pasar tenaga kerja terus melanjutkan terangnya yang bercahaya melalui kondisi yang berkabut dari ekonomi global”.

Klaim pengangguran dalam update data pada malam hari ini diperkirakan akan naik sebanyak 11.000 menjadi 270.000, menurut perkiraan consensus dari Econoday.com. Tetapi inipun masih diterjemahkan sebagai perkiraan pertumbuhan yang kuat dari penciptaan lapangan pekerjaan. Orang-orang yang menganut teori konspirasi dan “bearish” secara permanen berpikir data klaim tersebut adalah sampah. Tetapi tidak ada bukti yang mendukungnya. Jadi cukup beralasan untuk mengambil angka tersebut apa adanya sampai atau jika ada orang yang bisa memberikan presentasi yang meyakinkan yang bertolak belakang.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here