Preview: New Home Sales AS

495

Laporan yang lemah dan mengejutkan mengenai Existing Home Sales di bulan Februari membangkitkan pertanyaan baru untuk sebagian pengamat mengenai outlook pasar perumahan di AS. Reuters, sebagai contoh, memberikan komentar bahwa jatuhnya volume transaksi bulan lalu menandakan suatu tanda potensi persoalan bagi ekonomi AS yang sebelumnya kelihatan tangguh ditengah perlambatan ekonomi global.

Meskipun demikian sebagian analis mengatakan bahwa data penjualan yang lemah bulan lalu kebanyakan merupakan fungsi dari persediaan yang terbatas bukannya runtuhnya permintaan. Jika demikian lemahnya transaksi di bulanFebruari kemungkinan tidak merupakan ancaman seperti yang terlihat.

Kepala ekonom di National Association of Realtors, group yang mempublikasikan data, menjelaskan bahwa kekosongan di dalam penandatangan kontrak di bulan Januari dari East Coast yang mengalami badai salju yang luas, bersamaan dengan jatuhnya pasar saham, kemungkinan memainkan peran di dalam kurangnya volume transaksi di bulan Februari.

Angka pada malam hari ini mengenai New Home Sales akan memberikan perspektif yang lain. Walaupun transaksi ini hanyalah suatu bagian kecil dari Existing Sales, laporan ini masih memberikan suatu ukuran yang berharga untuk monitoring minat terhadap real estate residential.

Dengan standar tersebut, outlook untuk perumahan sedang dalam jalurnya untuk profil yang lebih cerah pada malam hari ini. Konsensus Econoday.com memperkirakan penjualan New Home Sales naik menjadi 510.000 untuk bulan Februari, hanya perbaikan yang sedikit terhadap angka bulan Januari sebesar 494.000.

Angka tersebut merupakan angkat yang ditengah, dilihat dari sejarah belakangan ini, tetapi cukup kuat – asumsinya perkiraannya akurat – untuk meng “counter” pandangan yang menyedihkan, paling tidak sebagian, yang sekarang sedang bangkit lagi. Sebaliknya bila laporan hari ini mengenai Penjualan rumah baru jauh lebih lemah daripada yang diperkirakan, bearishnya pasar perumahan akan menjadi lebih sukar untuk disuruh pergi.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here