Hebatnya Rupiah Rabu Pangkas Kekuatan Dollar

725

Mengakhiri perdagangan  pasar valas tanah air hari Rabu (30/03), kekuatan rupiah memukul dollar yang terus bertambah sejak pagi semakin besar ditengah momentum pelemahan dollar cukup besar terhadap rival-rival utamanya. Penguatan  di hari ketiga pekan ini berusaha memangkas pelemahan perdagangan sebelumnya.

Gagahnya rupiah hingga sore  ini  sedikit mengurangi keuntungan  bursa saham, pasalnya asing yang sempat banyak lakukan bargain hunting terkoreksi kembali sehingga net buy berkurang menjadi sebesar Rp5 miliar lebih saja setelah perdagangan siang sempat mencapai Rp207 miliar. Keluarnya modal asing cukup besar siang ini tidak membuat  IHSG terkoreksi yang berhasil menguat 0,7  persen ke posisi 4813.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi kenaikan 1,04% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13256/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13300/US$. Dari sisi kurs jisdor dan kurs BI, rupiah Kamis  diperkuat  dari perdagangan sebelumnya. 

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat  ke posisi 13359 dari hari sebelumnya 13363 pada hari Selasa (29/03),  sedangkan kurs transaksi antar bank menurun  ke posisi 13426   dari posisi 13430 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok harinya,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah  bergerak positif kembali  oleh proyeksi pelemahan dollar  diakhir perdagangan malam ini.

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here