Kekuatan Rupiah Rabu Siang Hajar Dollar AS Bertambah

642

Hingga perdagangan akhir pasar valas sesi Asia Rabu siang  (30/03), rupiah yang dibuka kuat  terhadap dollar  AS semakin bertambah kekuatannya merespon pelemahan dollar terhadap rival utamanya melanjutkan sentimen pelemahan diawal perdagangan.

Lihat: Dollar AS Awali Sesi Eropa 29 Maret Akhirnya Balik Arah

Pertambahan  kekuatan rupiah hingga siang ini  memberikan tambahan keuntungan bagi bursa saham, dimana  asing semakin banyak lakukan aksi belinya  dan mencetak net buy sebesar Rp207 miliar lebih. Keluarnya modal asing cukup besar siang ini tidak membuat  IHSG terkoreksi yang berhasil menguat 0,7  persen ke posisi 4813.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot siang ini bergerak positif dengan posisi kenaikan 0,89% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13275/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13300/US$. Dari sisi kurs jisdor dan kurs BI, rupiah Kamis  diperkuat  dari perdagangan sebelumnya. 

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat  ke posisi 13359 dari hari sebelumnya 13363 pada hari Selasa (29/03),  sedangkan kurs transaksi antar bank menurun  ke posisi 13426   dari posisi 13430 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah hingga akhir pasar spot hari ini  berpotensi melemah hingga akhir perdagangan oleh proyeksi pertambahan penguatan dollar AS sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13349  resistance  13242 per dollar.  

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here