Gubernur BOK : Pertumbuhan Ekonomi Korea Selatan Bisa Jatuh Dibawah 3%

903

Gubernur Bank of Korea Lee Ju Yeol memperingatkan Rabu kemarin bahwa pertumbuhan ekonomi Korea Selatan tahun 2016 siap untuk jatuh di bawah 3 persen dan mengatakan dampak dari pemotongan suku bunga lebih lanjut mungkin terbatas.

Komentar datang di tengah perubahan dewan BOK dan spekulasi penurunan suku bunga tambahan yang diinginkan partai yang berkuasa untuk mengikuti jejak Jepang dan bank sentral Eropa untuk membeli lebih banyak obligasi. Imbal hasil obligasi pemerintah Korea jatuh ke level terendah dalam lebih dari sebulan pada hari Rabu.

“Pertumbuhan kuartal pertama lebih lemah dari yang diharapkan, tetapi baru-baru ini ada beberapa tanda-tanda positif seperti rebound dalam minyak global dan perbaikan sentimen,” kata Lee pada konferensi pers. “Sementara volatilitas di pasar keuangan mengalami penurunan baru-baru ini dan arus modal telah stabil, namun tetap ada faktor yang membatasi dampak dari tarif, seperti permintaan eksternal lamban dan masalah stabilitas keuangan seperti hutang rumah tangga.”

Lihat : Kepercayaan Konsumen Korea Selatan Naik Setelah Tiga Bulan Turun

BOK, yang pada Januari memperkirakan pertumbuhan persen 3 dan 1,4 persen inflasi untuk tahun 2016, akan merevisi prospek ekonomi pada 19 April.

Bank sentral pekan ini mengumumkan empat calon untuk menggantikan anggota dewan yang masa berakhir 20 April. Sebagai nominator baik dari pemerintah atau telah bekerja untuk organisasi penelitian yang didanai negara, ekonom termasuk orang-orang di Nomura Holdings dan Standard Chartered Bank telah mengatakan perubahan meningkatkan harapan pemotongan suku bunga.

“Investor tampaknya berspekulasi bahwa sikap anggota dewan baru berdasarkan pidato masa lalu mereka dan lembaga yang merekomendasikan mereka, tapi berdasarkan pengalaman saya, keputusan anggota kebijakan berubah ketika situasi ekonomi berubah,” kata Lee. “Kebijakan moneter Korea harus bergantung kepada data ketika situasi domestik dan eksternal yang tidak pasti.”

Partai yang berkuasa Saenuri, Selasa menyampaikan platform kebijakan ekonomi menjelang pemilihan parlemen April bahwa BOK harus mengadopsi kebijakan agresif termasuk pembelian utang lebih banyak untuk membantu dana mengalir langsung ke daerah-daerah yang diperlukan.

Saenuri menyarankan bahwa BOK langsung membeli utang yang diterbitkan oleh Korea Development Bank yang dikelola negara untuk menyediakan dengan dana lebih untuk membantu restrukturisasi perusahaan, dan juga untuk membeli sekuritas berbasis mortgage untuk meringankan beban utang rumah tangga.

Saat ini, BOK dapat membeli utang pemerintah atau surat utang yang dijamin pemerintah untuk tujuan pengendalian likuiditas. Obligasi KDB dan sekuritas berbasis mortgage tidak sesuai dengan kriteria. Saran Saenuri ini akan memerlukan perubahan dalam hukum dan juga persetujuan dari dewan kebijakan moneter BOK.

Lee mengatakan dia tidak bisa berkomentar langsung pada janji pemilu partai, meskipun ia mengatakan bank sentral melakukan yang terbaik untuk mendukung perekonomian dan membantu restrukturisasi perusahaan.

BOK selanjutnya meninjau suku bunga acuan pada 19 April setelah bertahan di 1,5 persen sejak Juni 2015. Pertemuan April akan menjadi yang terakhir dari dewan saat ini.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here