Rupiah Kamis Siang Berhasil Kuat Kembali

370

Hingga perdagangan akhir pasar valas sesi Asia Rabu siang  (30/03), rupiah yang dibuka kuat  terhadap dollar  AS dan sempat bergerak negatif akhirnya menguat kembali  merespon pelemahan dollar terhadap aset safe haven.

Lihat: Dollar AS Awali Sesi Eropa 29 Maret Akhirnya Balik Arah

Menguatnya kembali  rupiah hingga siang ini  memberikan tambahan keuntungan bagi bursa saham, dimana  asing semakin banyak lakukan aksi belinya  dan mencetak net buy sebesar Rp116 miliar lebih. Masuknya modal asing cukup besar siang ini membuat  IHSG berhasil menguat 0,3  persen ke posisi 4830.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot siang ini bergerak positif kembali dengan posisi penguatan 0,1% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13245/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13255/US$. Dari sisi kurs jisdor  rupiah Kamis  memang diperlemah  tapi kurs BI diperkuat dari perdagangan sebelumnya. 

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperlemah  ke posisi 13276 dari hari sebelumnya 13359 pada hari Rabu (30/03),  sedangkan kurs transaksi antar bank menguat   ke posisi 13342   dari posisi 13426 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah hingga akhir pasar spot hari ini  berpotensi melemah hingga akhir perdagangan oleh proyeksi pelemahan dollar AS sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13316  resistance  13248 per dollar.  

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here