Rupiah Selasa 5 April Masih Nyaman Di Zona Merah

434

Mengakhiri perdagangan  pasar valas tanah air hari Selasa (5/04), rupiah tidak kuat menahan sentimen tekanan dollar terhadap pasar valas kawasan Asia yang hampir semua terpukul kecuali yen terhadap dollar. Sejak awal perdagangan hingga penutupan pasar uang antar bank sore ini rupiah masih betah di zona merah, mundur dari penguatan perdagangan sebelumnya.

Meskipun rupiah melemah namun tidak mengurangi volume aksi beli investor asing pada saham-saham besar di perdagangan bursa saham pagi ini. Terpantau asing  melakukan banyak aksi beli sehingga tercetak net buy sebesar Rp362 miliar lebih. Dukungan modal asing  ini  berhasil membuat  IHSG bullish  dan ditutup naik 0,2% ke posisi 4866.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot sore ini bergerak negatif dengan posisi pelemahan 0,24% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13221/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13153/US$.  Dari sisi kurs jisdor dan kurs BI, rupiah Selasa diperlemah dari perdagangan sebelumnya. 

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperlemah  ke posisi 13217 dari hari sebelumnya 13145 pada hari Senin (4/04),  sedangkan kurs transaksi antar bank melemah   ke posisi 13283   dari posisi 13211 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah  bergerak positif kembali  oleh proyeksi pelemahan dollar  diakhir perdagangan malam ini.

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here