Kekuatan Rupiah Rabu Siang Bangkit Kembali

407

Hingga perdagangan akhir pasar valas sesi Asia Rabu siang  (6/04), rupiah yang dibuka lemah terhadap dollar  AS dan  bergerak konsolidasi mampu  menguat kembali  meski kondisi dollar AS terhadap rival-rival utamanya sedang kuat di pasar spot.

Penguatan  rupiah hingga siang ini  tidak membuat asing perbanyak aksi beli saham, justru memperbanyak aksi profit taking sehingga mencetak net sell sebesar Rp29 miliar lebih. Namun aksi asing ini tidak menghambat laju IHSG yang dari awal sudah menguat dan kini menguat 0,3% ke posisi 4875.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,02% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13218/US$ setelah dibuka lemah pada level Rp13195/US$. Dari sisi kurs jisdor  rupiah Rabu  memang diperlemah demikian juga untuk kurs BI diperlemah dari perdagangan sebelumnya. 

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini dilemahkan  ke posisi 13223 dari hari sebelumnya 13217 pada hari Selasa (5/04),  sedangkan kurs transaksi antar bank melemah  ke posisi 13289   dari posisi 13283 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah hingga akhir pasar spot hari ini  berpotensi menguat terbatas hingga akhir perdagangan oleh proyeksi pelemahan dollar AS sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13236  resistance  13177 per dollar.  

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here