Harga Minyak Mentah Turun Dengan Pudarnya Optimisme Pembekuan Produksi

684

Harga minyak mentah turun pada sesi perdagangan Asia, Kamis (14/04) karena OPEC memperingatkan melambatnya permintaan dan Rusia mengisyaratkan bahwa tidak akan ada perjanjian mengikat pada pertemuan eksportir mendatang untuk mengendalikan kelebihan pasokan.

OPEC pada Rabu memangkas proyeksi 2016 untuk pertumbuhan permintaan global dan memperingatkan pengurangan lebih lanjut. Permintaan dunia akan tumbuh dengan 1,20 juta barel per hari pada 2016, OPEC mengatakan dalam laporan bulanannya, kurang 50.000 bph dari yang diperkirakan sebelumnya.

“Perkembangan ekonomi di Amerika Latin dan China menjadi perhatian, faktor negatif sekarang tampaknya lebih besar daripada yang positif dan mungkin menyiratkan revisi ke bawah dalam pertumbuhan permintaan minyak.”

Sementara itu Menteri Perminyakan Rusia Alexander Novak dalam penjelasannya menyatakan bahwa kesepakatan pada pembekuan produksi yang dijadwalkan akhir pekan ini tidak mengikat dengan beberapa komitmen rinci.

“Perjanjian tersebut tidak akan dirumuskan sangat kaku,” salah satu dari mereka yang hadir mengatakan, mengutip kata-kata Novak pada pertemuan itu. Yang lain mengatakan: “tidak ada rencana untuk menandatangani dokumen yang mengikat.”

Hal ini memudarkan harapan bahwa pertemuan dengan eksportir top di Qatar pada hari Minggu akan berhasil mengendalikan produksi sekitar 2 juta barel per hari (bph) minyak mentah lebih dari permintaan.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) turun 1 persen di $ 41,60.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent berada di $ 43,66 per barel pada 0123 GMT, setengah dolar, atau 1 persen, di bawah dekat terakhir mereka.

Lihat : Harga Minyak Mentah Berakhir Turun Tertekan Peningkatan Pasokan AS

Morgan Stanley mengatakan dalam sebuah catatan bahwa “kita berpikir kesepakatan apapun sebenarnya tetap meningkatkan katalis bearish untuk beberapa bulan ke depan.”

Dengan kemungkinan memudarnya kesepakatan yang mengikat dalam pembekuan produksi antara  Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan Rusia, analis akan melihat ke industri minyak AS untuk melihat apakah pengeboran yang lebih rendah akan menghasilkan penurunan produksi. Di sini juga, prospek untuk produksi tetap lebih tinggi daripada banyak yang diharapkan.

“Keuntungan produktivitas Shale tetap menjadi pendorong utama outlook deflasi jangka panjang kami untuk harga minyak,” kata Goldman Sachs. “Analisa kami produktivitas shale secara luas sejalan dengan perkiraan kami naik 3 persen menjadi 10 persen secara tahunan,” tambahnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya berpotensi turun dengan sentimen kekenyangan global dan pudarnya optimisme dalam kesepakatan pembekuan produksi. Harga diperkirakan menembus kisaran Support $ 41,30-$ 40,80, dan jika naik akan menembus kisaran Resistance $ 42,30-$ 42,80.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here