IMF Sarankan Jepang Jalankan Kenaikan Pajak Konsumsi

391

Dana Moneter Internasional (IMF) mendesak Jepang pada Rabu untuk melanjutkan kenaikan yang direncanakan di pajak konsumsi pada April mendatang dalam rangka untuk mengamankan dana untuk stimulus ekonomi lebih lanjut.

Dalam laporan Monitor Fiskal semesteran, pemberi pinjaman yang berbasis di Washington tersebut menyerukan peningkatan pajak konsumsi oleh 2 poin persentase menjadi 10 persen, analis mengatakan bisa meyakinkan negara lain bahwa Jepang berkomitmen untuk mengurangi bola salju utang nasional dan memulihkan kesehatan fiskal.

“Komitmen untuk konsolidasi fiskal berpusat pada jalur dari kenaikan pajak konsumsi bertahap dan penguatan lembaga fiskal akan menciptakan ruang kebijakan untuk memoderasi laju konsolidasi fiskal jangka pendek,” kata laporan IMF. Negara maju “tetap rentan dalam konteks utang yang tinggi, inflasi yang rendah, dan pertumbuhan rendah,” katanya.

Dalam penghitungan IMF, rasio utang nasional untuk produk domestik bruto dengan negara maju secara keseluruhan diperkirakan rata-rata 107,6 persen pada 2016, naik dari 92 persen pada tahun 2009.

Rasio untuk Jepang tahun ini diproyeksikan menjadi 249,3 persen, jauh lebih besar dari angka-angka untuk setiap negara lain dari tujuh negara industri – Inggris, Kanada, Perancis, Jerman, Italia dan Amerika Serikat – menurut IMF.

IMF memperkirakan bahwa tingkat pertumbuhan secara keseluruhan untuk ekonomi akan mencapai 1,9 persen pada 2016, dibandingkan dengan sekitar 3 persen sebelum krisis keuangan tahun 2008.

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here