Rupiah Senin Akhirnya Kuat Juga, Bursa Saham Jadi Untung

767

Mengakhiri perdagangan  pasar valas awal  pekan (18/04), rupiah yang dibuka melemah di sesi pagi berakhir menguat seiring dengan menurunnya kekuatan dollar AS si perdagangan pasar spot masuk sesi Eropa sejak siang tadi. Dollar yang tadinya hanya melemah terhadap kurs komoditas dan yen, kini sebaliknya kurs komoditas berhasil tekan balik dollar ditambah tekanan dari rival utama lainnya seperti euro, swissfranc dan pound. 

Keberhasilan rupiah mengungguli dollar membuat kerugian bursa saham berbalik menjadi untung ketika pihak investor  asing perbanyak bargain huntingnya, sehingga   tercetak net sell sebesar Rp329 miliar.  Dan aksi asing ini  akhirnya berhasil mengangkat  IHSG yang sempat alami tekanan kuat, IHSG menguat  0,6% ke posisi 4866.

Lihat: IHSG 18 April Berakhir Naik Terdukung Aksi Beli Saham Asing

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,06% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13170/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13154/US$. Dari sisi kurs jisdor  dan  kurs BI, rupiah Rabu diperlemah  dari perdagangan sebelumnya. 

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperlemah  ke posisi 13204 dari hari sebelumnya 13166 pada hari Jumat (15/04),  sedangkan kurs transaksi antar bank melemah ke posisi 13270  dari posisi 13232   perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah   berpotensi bergerak positif  kembali oleh proyeksi pelemahan dollar   diakhir perdagangan malam ini.

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here