Harga Minyak Mentah Jelang Sesi Eropa Menguat

819

Harga minyak mentah naik turun, dan naik kembali pada Selasa (19/04) menjelang sesi perdagangan Eropa karena pemogokan di Kuwait memotong jumlah besar minyak mentah dari rantai pasokan, tetapi analis mengatakan gangguan akan berumur pendek dan bahwa pasar akan segera kembali fokus pada kekenyangan pasokan global.

Produksi minyak mentah Kuwait jatuh ke 1,1 juta barel per hari (bph) pada hari Minggu, dari 2,8 juta barel per hari pada Maret setelah ribuan pekerja melakukan pemogokan.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik di $ 43,25 per barel pada 0651 GMT, naik 34 sen di atas sebelumnya. Sedangkan harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) berjangka naik 33 sen menjadi $ 40,11 per barel.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Melemah Tertekan Kekuatiran Kelebihan Pasokan

Data pengiriman Thomson Reuters Eikon, menunjukkan bahwa Kuwait telah memuat kapal tanker dengan minyak mentah 2 juta barel meskipun terjadi pemogokan, dan bahwa tiga kapal sedang menunggu untuk mengambil minyak mentah.

Para pejabat Kuwait mengatakan mereka akan mampu meningkatkan produksi, meskipun pemogokan terjadi, dengan menggunakan persediaan minyak mentah dan dengan mengambil tindakan hukum terhadap serikat pekerja.

Analis memperkirakan gangguan akan singkat dan pasar segera kembali fokus pada kekenyangan global yang terpicu kegagalan eksportir utama untuk menyepakati pembekuan produksi pada pertemuan pada hari Minggu lalu.

Selain itu, pemerintah kemungkinan akan berkompromi dengan para pemogok kerja untuk sepenuhnya melanjutkan ekspor, kata beberapa analis.

Setelah ekspor Kuwait dilanjutkan sepenuhnya, pedagang mengatakan pasar akan fokus lagi pada kekenyangan global yang melihat 1.000.000-2.000.000 barel minyak mentah dipompa setiap hari lebih dari permintaan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya berpotensi merosot dengan kembalinya kekuatiran terhadap kekenyangan pasokan global. Harga diperkirakan menembus kisaran Support $ 39,50-$ 39,00, dan jika naik akan menembus kisaran Resistance $ 40,50-$ 41,00.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here