Pelemahan Rupiah Kamis Dibayangi Merahnya Kurs Asia

618

Mengakhiri perdagangan  pasar valas hari Kamis (21/04), rupiah yang dibuka melemah terhadap dollar AS terus berada di zona merah ikuti kurs kawasan Asia lainnya hingga sore ini di pasar spot. Kondisi dollar AS sendiri sepanjang hari ini justru alami tekanan dari rival-rival utamanya.

Bergerak negatifnya rupiah sepanjang hari tidak membuat semangat asing banjiri bursa  bursa saham kendor, justru  net buy meningkat menjadi  Rp389 miliar lebih.  Aksi investor  asing ini mempercepat laju IHSG yang berakhir  kuat 0,5% ke posisi 4903.

Lihat:    Penutupan IHSG Kamis Tertinggi 10 Bulan dan Gagalkan Serangan 3 Sektor

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot sore  ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,06% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13152/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13180/US$. Dari sisi kurs jisdor  dan  kurs BI, rupiah Rabu diperlemah  dari perdagangan sebelumnya. 

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperlemah  ke posisi 13182 dari hari sebelumnya 13133 pada hari Rabu (20/04),  sedangkan kurs transaksi antar bank menguat  ke posisi 13248  dari posisi 13199   perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah   berpotensi bergerak rebound oleh proyeksi pelemahan dollar   diakhir perdagangan malam ini.

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here