Outlook Kalender Forex Minggu Ini

546

Order durable goods AS, keyakinan konsumen, keputusan tingkat bunga AS, dan juga data GDP dari AS dan Inggris. Ini adalah highlight dari minggu ini. Berikut ini adalah outlook dari penggerak pasar minggu ini.

  1. Order Durable Goods AS: Selasa, 20:30. Order baru dari barang-barang manufaktur AS yang tahan lama menurun di bulan Februari ditengah menguatnya dolar AS yang berkepanjangan dan rendahnya harga minyak mentah. Order untuk “durable goods” turun 2.8% setelah revisi kenaikan yang diturunkan sebesar 4.2% di bulan Januari. Kali ini order untuk “durable goods” diperkirakan akan naik 1.9% sementara order inti diperkirakan naik 0.6%.
  2. Consumer Confidence CB AS: Selasa, 22:00. Sentimen konsumen di AS memperoleh kembali kekuatanya di bulan Maret, ditengah optimisme yang lebih tinggi mengenai outlook ekonomi jangka pendek. Indeks Conference Board naik menjadi 96.2 di bulan Maret dari revisi naik 94.0 di bulan Februari sementara para ekonom memperkirakan penurun menjadi 93.9. Di bulan April Consumer confidence  diperkirakan akan membukukan angka 95.8.
  3. Data GDP Inggris: Rabu, 16:30. Ekonomi Inggris berkembang 0.5% di kuartal terakhir dari 2015, mencapai pertumbuhan tahunan sebesar 2.2%. Kali ini GDP Inggris diperkirakan hanya akan mencapai 0.4%.
  4. Keputusan tingkat bunga AS: Di pertemuan kebijakan sebelumnya, the Fed mengatakan tidak akan menaikkan tingkat bunga sebagaimana yang direncanakan semula. The Fed juga memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi AS dan inflasi, secara radikal mengurangi jumlah kenaikan tingkat bunga di tahun 2016 menjadi hanya dua kali dari sebelumnya empat kali. Selanjutnya, the Fed juga memberikan catatan bahwa kenaikan tingkat bunga akan bertahap dan kebijakannya tidaklah ditentukan sekarang untuk seterusnya, dan akan berubah sesuai kondisi perekonomian terkini.
  5. Keputusan tingkat bunga Selandia Baru: Kamis, 05:00. Reserve Bank of New Zealand pertemuan memangkas tingkat bunganya sebesar 25 basis points mencapai 2.25% pada pertemuan meeka di bulan Maret. Gubernur RBNZ Graeme Wheeler berkata industry diary mengalami tantangan yang sulit tetapi pertumbuhan domestik menguat ditengah migarsi yang kuat.
  6. Keputusan tingkat bunga Jepang: Kamis. Bank of Japan mempertahankan tingkat bunganya tidak berubah dari pertemuan yang terakhir di bulau Januari yang mengagetkan pasar dengan mengadopsi kebijakan tingkat bunga negatif.
  7. Data GDP AS: Kamis, 20:30. Pertumbuhan ekonomi AS di kuartal keempat berkembang kurang daripada yang diperkirakan dengan dolar yang kuat dan permintaan global yang lambat membebani ekspor. GDP bertambah 0.7% per tahun. Federal Reserve mengakui bahwa pertumbuhan melambat pada akhir tahun lalu tetapi kondisi pasar tenaga kerja terus membaik. Ekonomi AS diperkirakan akan bertumbuh 0.7% pada kuartal pertama tahun ini.
  8. Klaim pengangguran AS: Kamis, 20:30. Klaim pengangguran mingguan membukukan penurunan yang tidak diperkirakan mencapai 247.000, setelah mencapai 253.000 pada minggu sebelumnya. Angka ini lebih baik daripada angka 265.000 yang diperkirakan oleh para analis. Moving average empat minggu turun 4.500 menjadi 260.500 dari minggu sebelumnya. Jumlah klaim yang baru pada minggu ini diperkirakan akan mencapai 252.000.
  9. Data GDP Kanada: Jumat, 20:30. Ekonomi Kanada di bulan Januari berkembang 0.6% bulan keempat berturut-turut. Angka ini lebih baik daripada yang diperkirakan sebesar 0.3%.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here