Harga Minyak Mentah Sesi Asia Turun Tertekan Peningkatan Produksi OPEC

839

Harga minyak mentah jatuh pada perdagangan sesi Asia pada hari Senin (02/05) tertekan peningkatan produksi di Timur Tengah melebihi penurunan produksi AS dan pelemahan baru-baru ini dalam dolar AS.

Persediaan OPEC naik menjadi 32.640.000 barel per hari (bph) pada bulan April, dari 32.470.000 barel per hari pada bulan Maret, menurut survei Reuters. Bahwa jumlah tersebut hampir sama dengan posisi Januari pada 32.650.000 barel per hari, ketika Indonesia kembali ke OPEC untuk meningkatkan produksi ke tertinggi setidaknya sejak 1997.

Harga minyak mentah berjangka AS turun 48 sen, atau lebih dari satu persen, di $ 45,44 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent diperdagangkan pada $ 46,77 per barel pada 0440 GMT, turun 60 sen, atau 1,3 persen, dari pemukiman terakhir.

Lihat : Harga Minyak Mentah Bulan April Melonjak 20 Persen

Analis mengatakan kenaikan produksi dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) telah menekan faktor pendukung seperti penurunan produksi AS dan pelemahan dolar AS, yang membuatnya lebih murah bagi negara-negara yang menggunakan mata uang lain untuk mengimpor bahan bakar yang diperdagangkan dalam dollar AS.

Dolar AS telah jatuh lebih dari 6 persen tahun ini terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, namun para pedagang mengatakan pelemahan dollar AS dan penurunan produksi AS telah mendukung harga selama rally April ke pasar.

Rally minyak baru-baru, yang melihat harga dijalankan oleh hampir sepertiga hanya dalam empat minggu, sebagian besar didorong oleh sentimen, kata BNP Paribas.

Meskipun harga yang lebih rendah Senin, analis lainnya yakin bahwa kekalahan mendekati dua tahun dalam minyak telah berakhir, dan banyak telah menaikkan perkiraan harga mereka.

Kepala Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan harga minyak mungkin telah melewati batas bawah, memberikan kesehatan ekonomi global dan tidak menimbulkan kekhawatiran.

“Dalam lingkungan ekonomi yang normal, kita akan melihat arah harga agak ke atas dari bawah,” kata Direktur Eksekutif IEA Fatih Birol pada hari Minggu selama pertemuan menteri energi G-7 di Jepang.

Produksi non-OPEC diperkirakan turun lebih dari 700.000 barel per hari tahun ini, penurunan terbesar dalam sekitar 20 tahun, katanya.

Dengan permintaan minyak global terlihat tumbuh sebesar 1,2 juta barel per hari tahun ini, hasil penarikan di persediaan global akan segera dimulai, membantu mendongkrak harga, katanya.

Menteri Energi AS Ernest Moniz, Senin di acara yang sama di Jepang menyatakan bahwa produksi minyak AS kemungkinan akan jatuh 600.000 barel per hari tahun ini, dibandingkan dengan 2015 ketika produksi mencapai puncaknya sekitar 9,6 juta barel per hari.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya harga minyak mentah berpotensi menguat dengan potensi pelemahan dollar AS. Harga diperkirakan menembus kisaran Resistance $ 46,00-$ 46,50, dan jika turun akan menembus kisaran Suport $ 45,00-$ 44,50.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here