Harga Minyak Mentah Sesi Asia Terangkat Pelemahan Dollar AS

809

Harga minyak mentah naik pada perdagangan sesi Asia hari Selasa (03/05) terpicu pelemahan dolar AS ke level terendah 18-bulan terhadap yen, berpotensi memacu permintaan, tetapi keuntungan dibatasi oleh meningkatnya produksi Timur Tengah yang meningkatkan kekhawatiran kelebihan pasokan global.

Dolar AS telah kehilangan lebih dari 7 persen dari nilainya tahun ini terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya dan mencapai posisi terendah 18-bulan terhadap yen Jepang.

Harga minyak mentah naik dengan dolar AS merosot, yang membuat pembelian bahan bakar yang diperdagangkan dalam dolar lebih murah untuk negara-negara yang menggunakan mata uang lainnya, berpotensi memacu permintaan, serta minat investor yang kuat dalam minyak.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) naik 20 sen di $ 44,98 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka patokan Internasional Brent diperdagangkan pada $ 46,04 per barel pada 0210 GMT, naik 21 sen dari penutupan terakhir.

Lihat : Harga Minyak Mentah Turun Tergerus Peningkatan Produksi OPEC

Namun, pedagang mengatakan kenaikan tertutupi oleh peningkatan produksi di Timur Tengah serta kekhawatiran atas kesehatan ekonomi China setelah aktivitas pabrik menyusut untuk bulan ke-14 pada bulan April.

Irak, eksportir terbesar kedua dalam Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), mengumumkan ekspor yang meningkat, melaporkan pengiriman minyak dari ladang selatan pada tingkat rata-rata 3.364.000 barel per hari (bph) pada bulan April. Itu lebih tinggi dari rata-rata Maret 3.286.000 dan dekat dengan rekor November sebesar 3,37 juta barel per hari.

Produksi eksportir terbesar OPEC, Arab Saudi, adalah 10,15 juta barel per hari pada bulan April, namun sumber mengatakan itu akan naik ke dekat-catatan 10,5 juta barel per hari dalam beberapa minggu mendatang.

Iran juga menambah gelombang peningkatan produksi Timur Tengah berikut mengakhiri setelah sanksi diangkat pada bulan Januari. produsen telah meningkatkan ekspornya ke hampir 2 juta barel per hari dari sedikit di atas 1 juta barel per hari pada awal tahun ini, dengan penjualan khususnya ke Korea Selatan yang melonjak.

Pasokan Timur Tengah melompati penurunan produksi di Amerika Serikat, di mana produksi telah menurun dari puncaknya sekitar 9,6 juta barel per hari pada bulan Juni 2015, di bawah 9 juta barel per hari sekarang, menurut data Administrasi Informasi Energi (EIA) AS. Ini membantu mengangkat minyak mentah berjangka hampir sepertiga pada bulan April, dan mereka telah pulih lebih dari 70 persen dari posisi terendah dekade dicapai pada awal 2016.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya harga minyak mentah akan mencermati data persediaan minyak mentah, yang jika sentimen peningkatan produksi terus menguat akan menekan harga minyak mentah, namun jika tidak ada sentimen tersebut akan mencermati pelemahan dollar AS yang dapat menguatkan harga minyak mentah. Harga diperkirakan menembus kisaran Resistance $ 45,50-$ 46,00, dan jika turun akan menembus kisaran Suport $ 44,50-$ 44,00.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here