Harga Minyak Mentah Sesi Asia Naik 2 Persen

755

Harga minyak mentah melonjak pada perdagangan sesi Asia hari Senin (09/05) setelah kebakaran di  wilayah pasir minyak Kanada menurunkan lebih dari satu juta barel dalam kapasitas produksi harian, kontribusi untuk pengetatan signifikan dari pasar minyak mentah selama beberapa minggu terakhir. Kapasitas hilang setara dengan lebih dari sepertiga dari produksi harian negara.

Harga minyak mentah berjangka AS diperdagangkan pada $ 45,51 per barel pada 0214 GMT, naik 85 sen, atau 1,9 persen, dari pemukiman terakhir mereka.

Sedangkan harga minyak mentah Brent naik 62 sen, atau 1,4 persen, pada $ 45,99 per barel.

Lihat : Harga Minyak Mentah Akhir Pekan Naik; Mingguan Turun 3 Persen

Pejabat Kanada pada hari Minggu menunjukkan beberapa optimisme pemadaman api karena cuaca menguntungkan membantu pemadam kebakaran, sementara angin menjauhkan api dari pasir minyak Fort McMurray. Namun, pemadaman mendorong harga.

Pasar juga mengamati Arab Saudi, eksportir minyak terbesar di dunia, di mana Raja Salman, Sabtu mengumumkan pengangkatan Khalid al-Falih sebagai kepala tertinggi Kementerian baru Energi, Industri dan Sumber Daya Mineral. Kebijakan minyak sebelumnya di bawah Departemen Petroleum dipimpin oleh menteri veteran Ali al-Naimi.

“Arab Saudi akan mempertahankan kebijakan minyak bumi stabil. Kami tetap berkomitmen untuk menjaga peran kami di pasar energi internasional dan memperkuat posisi kami sebagai pemasok paling dapat diandalkan di dunia energi,” kata Khalid al-Falih, Minggu.

“Kami berkomitmen untuk memenuhi permintaan hidrokarbon yang ada dan tambahan dari memperluas basis pelanggan global kami, didukung oleh kapasitas maksimum kami saat ini.”

Sejak 2014, Arab Saudi telah memimpin Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) melalui strategi yang bertujuan untuk mempertahankan pangsa pasar daripada mengurangi produksi untuk mendukung harga minyak.

Komentar Falih ini sejalan dengan pandangan analis bahwa tidak ada pergeseran kebijakan minyak Saudi kemungkinan sebagai akibat dari pengangkatannya.

Pengetatan pasar mendukung kebijakan Arab Saudi untuk menjaga produksi dekat rekor tertinggi dalam membela pangsa pasar.

Di luar kebakaran Kanada, produksi minyak serpih AS menurun dan produksi juga jatuh di Amerika Latin dan Asia, mengikis 1-2 juta barel per hari kelebihan pasokan yang menarik ke bawah harga minyak sebesar 70 persen antara tahun 2014 dan awal 2016.

Sementara persediaan ketat, permintaan terutama di Asia meningkat. Impor bulanan minyak mentah Tiongkok naik 7,6 persen pada April dari tahun lalu menjadi 32.580.000 ton, data pabean Tiongkok menunjukkan, terangkat oleh permintaan yang kuat dari penyuling swasta domestik.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya harga minyak mentah berpotensi naik dengan setnimen kekuatiran penurunan produksi. Harga diperkirakan menembus kisaran Resistance $ 46,00-$ 46,50, dan jika turun akan menembus kisaran Support $ 45,00-$ 44,50.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here