Risalah BOJ : Pemulihan Ekonomi Berada Di Jalur Yang Tepat

683

Anggota Bank dewan kebijakan moneter Jepang mengatakan bahwa pemulihan ekonomi negara itu terus di jalur yang benar, demikian risalah pertemuan dewan BOJ pada tanggal 14 -15 Maret yang dirilis pada hari Senin (09/05).

Para anggota menambahkan bahwa masih ada sejumlah risiko pelemahan – terutama pada eksportir komoditas karena harga rendah, dan perlambatan pertumbuhan di Tiongkok. Ditambahkan bahwa ekspor Jepang telah lamban, meskipun permintaan domestik diperkirakan akan melanjutkan tren kenaikan.

Kenaikan ekspor telah berhenti baru-baru ini, terutama karena efek dari perlambatan di negara berkembang, “kata risalah tersebut.” Kenaikan adalah mungkin untuk tetap untuk saat ini, tetapi setelah itu ekspor yang diharapkan dapat meningkat moderat didukung negara-negara berkembang yang bergerak keluar dari fase perlambatan mereka. “

Pada pertemuan tersebut, para anggota dewan memutuskan untuk menaikkan target basis moneter pada laju tahunan sekitar 80 triliun yen. Mereka juga memutuskan untuk mempertahankan suku bunga -0.1% giro bahwa lembaga keuangan menjaga di bank.

Bank telah memperkenalkan suku bunga negatif pada bulan Januari untuk mencapai inflasi 2% secepat mungkin. Tapi harga energi yang lebih rendah telah mengurangi ekspektasi mereka.

“Meskipun ekspektasi inflasi tampaknya meningkat secara keseluruhan dari perspektif jangka panjang agak, namun baru-baru ini melemah,” kata menit.

Pertumbuhan ekonomi kontraksi 1,1% pada kuartal keempat tahun 2015. Prospek untuk kuartal pertama juga terlihat jauh dari cerah.

BOJ menurunkan pandangannya pada ekspor mengatakan bahwa “kenaikan ekspor baru-baru ini berhenti” – meskipun bank mengatakan konsumsi swasta telah tangguh.

“BOJ akan memeriksa risiko untuk kegiatan ekonomi dan harga, dan mengambil langkah-langkah pelonggaran tambahan dalam tiga dimensi – kuantitas, kualitas, dan tingkat bunga – jika dinilai perlu untuk mencapai target stabilitas harga,” demikian risalah menyatakan.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here