Harga Minyak Mentah Merosot 3 Persen Tergerus Peningkatan Persediaan

596

Harga minyak mentah retreat tajam pada akhir perdagangan hari Senin setelah laporan persediaan minyak mentah berjangka yang meningkat di AS mengatasi sentimen kebakaran hutan yang menekan produksi minyak Kanada. 

Laporan perusahaan intelijen pasar Genscape menyatakan persediaan minyak mentah untuk sebuah membangun persediaan dari 1,4 juta barel pada tiitk pengiriman Cushing, Oklahoma untuk WTI berjangka.

Harga minyak mentah berjangka AS ditutup turun $ 1,22, atau 2,7 persen, pada $ 43,44 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent turun $ 1,76, atau 3,8 persen, ke $ 43,61 per barel.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Naik 2 Persen

Pasar rally 2 persen di awal sesi karena investor menganggap hilangnya produksi harian lebih dari 1 juta barel per hari pada pasokan Kanada. Hampir semua minyak mentah Kanada dari pasir minyak diekspor ke Amerika Serikat.

Tapi dengan spekulan sudah memegang jumlah terbesar bertaruh untuk mendaki di West Texas Intermediate minyak mentah berjangka AS sejak musim panas lalu dan mendekati rekor taruhan bullish tinggi pada Brent, ruang lingkup untuk keuntungan lebih lanjut terbatas tanpa kejelasan tentang tingkat kerusakan fasilitas minyak atau pengurangan pasokan, kata para analis.

Harga minyak telah meningkat lebih dari 70 persen sejak mencapai posisi terendah 12-tahun dari sekitar $ 27 atau lebih rendah pada kuartal pertama, didukung oleh penurunan produksi AS, kendala pasokan tak terduga di Libya dan Amerika serta melemahnya dolar AS.

Kebakaran yang terjadi pada tanggal 1 Mei, telah memaksa tiga perusahaan minyak utama untuk menyebabkan mereka tidak dapat memenuhi kontrak untuk minyak mentah Kanada.

Pejabat Kanada pada hari Minggu menunjukkan optimisme karena cuaca menguntungkan membantu pemadam kebakaran, mengarahkan api jauh dari pasir minyak kota Fort McMurray, tapi tidak ada batas waktu yang jelas untuk memulai kembali operasi.
anjang $ 50- $ 60 untuk WTI.

Pasar juga mengamati Arab Saudi, eksportir minyak terbesar di dunia, di mana pemerintah menunjuk Khalid al-Falih sebagai kepala Departemen baru Energi, Industri dan Sumber Daya Mineral.

Beberapa analis mengatakan api masih bisa menjadi faktor yang mendukung, dengan pejabat mengatakan operasi melanjutkan akan menjadi tantangan dan tidak ada batas waktu yang jelas untuk pemulihan.

Impor China dari minyak mentah naik 7,6 persen pada April dari tahun lalu, data pabean Tiongkok menunjukkan pada hari Minggu, terangkat oleh lanjutan permintaan yang kuat dari penyuling swasta domestik.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya harga minyak mentah berpotensi bergerak mixed dengan adanya tarik menarik antara penguatan dollar AS dan kekuatiran pemulihan produksi minyak di Kanada pasca kebakaran yang terjadi. Harga diperkirakan menembus kisaran Support $ 43,00-$ 42,50, dan jika naik akan menembus kisaran Resistance $ 44,00-$ 44,50.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here