Pelemahan Rupiah Rabu Tidak Halangi Investor Asing Setor Dananya

399

Mengakhiri perdagangan  pasar valas hari ketiga pekan ini  (18/05), kurs rupiah yang dibuka lebih rendah dari perdagangan sebelumnya semakin terpukul melawan kekuatan dollar AS yang sejak pagi kuasai pasar. Namun pelemahan rupiah sepanjang hari tidak menurunkan semangat investor asing setor dana di bursa saham.

Diakhir perdagangan  saham, investor asing banyak setor dananya sehingga tercetak net buy  Rp267 miliar. Cukup derasnya dana asing  ke bursa saham membuat  IHSG berhasil bergerak di teritori positif dengan kenaikan 0,1% ke posisi 4734.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot sore  ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,64% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13380/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13317/US$. Dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Rabu diperlemah dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  melemah ke 13319 dari posisi 13278 perdagangan hari Selasa (17/05), sedangkan kurs transaksi antar bank  diperlemah ke posisi 13386 setelah perdagangan sebelumnya 13344 .

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari masih berpotensi terjadi penguatan,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah   berpotensi bergerak positif meski  ekspektasi akhir perdagangan forex hari ini dollar menguat.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here