Harga Minyak Mentah Sesi Asia Merosot 1,5 Persen

699

Harga minyak mentah jatuh pada Kamis (19/05), ditarik ke bawah oleh meningkatnya persediaan minyak mentah AS, dolar yang lebih kuat dan gelombang produksi dari Iran ke Eropa dan Asia.

Harga minyak mentah berjangka AS turun 74 sen, atau 1,5 persen, pada $ 47,45 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent turun 87 sen, atau 1,8 persen dari pemukiman terakhir mereka, diperdagangkan pada $ 48,06 per barel pada 0159 GMT.

Kedua kontrak menembus tertinggi 2016 awal pekan ini di belakang penurunan produksi di Amerika, di Afrika dan juga di Asia.

Lihat : Harga Minyak Mentah Merosot Setelah Rilis FOMC

Tapi kenaikan berakhir setelah Energy Information Administration (EIA) AS melaporkan data yang menunjukkan kenaikan 1,31 juta barel tak terduga dalam persediaan minyak mentah AS menjadi 541.290.000 barel.

Peningkatan persediaan terjadi meski penurunan lain dalam produksi minyak mentah AS untuk 8.790.000 barel per hari (bph), turun dari puncak lebih dari 9,6 juta barel per hari tahun lalu.

Meskipun demikian, para analis mengatakan minyak didorong lebih rendah oleh risalah pertemuan kebijakan Fed 26-27 April yang menunjukkan bank sentral akan menaikkan suku bunga pada bulan Juni jika data ekonomi menunjukkan pertumbuhan kuartal kedua lebih kuat, menaikkan dolar AS.

Dengan minyak mentah diperdagangkan dalam dolar, maka penguatan dolar membuat pembelian bahan bakar untuk negara-negara yang menggunakan mata uang lainnya lebih mahal, berpotensi mengurangi permintaan.

Setelah jatuh hampir 8 persen terhadap sekeranjang mata uang lainnya antara Januari dan April, dolar telah pulih 3,5 persen, membebani minyak.

Kenaikan ekspor minyak dari Iran setelah sanksi diangkat pada bulan Januari juga menyeret turun harga minyak. Ekspor minyak Iran melompat hampir 60 persen pada Mei dari tahun lalu menjadi 2,1 juta barel per hari.

Meskipun penurunan harga Kamis, analis mengatakan bahwa gangguan pasokan global masih menjulang.

ANZ Bank mengatakan bahwa hampir 2,5 juta barel produksi minyak harian telah hilang sejak awal tahun ini, dan bahwa pemotongan lebih lanjut kemungkinan terjadi.

“Situasi di Venezuela terlihat sangat suram,” kata bank, menambahkan bahwa ekspor minyak negara itu telah jatuh dari 2,4 juta barel per hari pada akhir 2015 menjadi 2150000 bph pada bulan April.

Secara keseluruhan, para pedagang mengatakan bahwa pasar minyak global kemungkinan akan tetap surplus produksi sedikit antara 0,1 dan 1 juta barel per hari tahun ini, dibandingkan dengan kekenyangan sebanyak 2,5 juta barel per hari pada tahun 2015.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya harga minyak mentah berpotensi turun dengan penguatan dollar AS. Harga diperkirakan menembus kisaran Support $ 47,00-$ 46,50, dan jika naik akan menembus kisaran Resistance $ 48,00-$ 48,50.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here