Pesanan Mesin Inti Jepang Bulan Maret Melonjak

999

Pesanan mesin inti Jepang naik lebih dari yang diperkirakan pada Maret, namun diperkirakan pesanan menurun pada kuartal saat ini karena perusahaan semakin berhati-hati dengan adanya penguatan yen dan melemahnya ekonomi luar negeri.

Kenaikan 5,5 persen pesanan inti lebih dari perkiraan median untuk kenaikan 0,5 persen dalam jajak pendapat analis Reuters. Pada bulan Februari, pesanan inti turun 9,2 persen.

japan-machinery-orders (2)

Perusahaan yang disurvei oleh Kantor Kabinet memperkirakan perintah inti, yang mengecualikan kapal dan utilitas listrik, akan jatuh 3,5 persen pada kuartal April-Juni.

Data menunjukkan perusahaan mulai menunda rencana investasi mereka karena ketidakpastian tentang ekonomi luar negeri dan tanda-tanda bahwa belanja konsumen dalam negeri sedang berjuang untuk mendapatkan momentum.

Perusahaan Jepang memiliki kebutuhan belanja modal kuat karena modal persediaan masa lalu dan industri perlu meningkatkan fasilitas untuk meraih kekurangan pekerja. Meskipun demikian, pengeluaran telah lemah.

Data produk domestik bruto untuk kuartal pertama pekan ini menunjukkan belanja rumah tangga tidak memiliki kekuatan dan belanja modal turun, tanda mengkhawatirkan bahwa permintaan domestik bisa goyah.

Pada Januari-Maret, pesanan inti naik 6,7 persen dari tiga bulan sebelumnya.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pesanan inti, serangkaian data yang sangat volatile dianggap sebagai indikator belanja modal dalam enam sampai sembilan bulan mendatang, naik 3,2 persen pada Maret, lebih dari perkiraan median untuk kenaikan 0,8 persen.

Pembuat kebijakan mengandalkan peningkatan belanja modal untuk mendorong keuntungan dalam produktivitas, menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan upah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here