Harga Minyak Mentah Rebound Terpicu Pengetatan Pasokan

628

Harga minyak naik pada awal perdagangan sesi Asia pada hari Jumat (20/05) terpicu sentimen pengetatan pasokan dengan adanya gejolak di Nigeria, kebangkrutan shale di Amerika Serikat dan krisis di Venezuela.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate naik 39 sen, atau 0,81 persen, pada $ 48,55 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka internasional Brent diperdagangkan pada $ 49,10 per barel pada 0128 GMT, naik 29 sen atau 0,59 persen dari pemukiman terakhir mereka.

Meskipun demikian, kelebihan persediaan di seluruh dunia yang mencegah kekurangan pasokan dan lonjakan harga yang lebih tajam, kata para pedagang.

ANZ Bank mengatakan bahwa gangguan pasokan tak terduga di seluruh dunia, termasuk jatuhnya produksi di Amerika Serikat, sebesar sekitar 2,5 juta barel produksi harian, hampir menghapus kelebihan produksi yang telah ditarik ke bawah harga oleh lebih dari 70 persen antara tahun 2014 dan awal 2016.

Produksi minyak Nigeria menunjukkan tanda-tanda lebih lanjut dari ketegangan pada Kamis sebagai penyusup memblokir akses ke Exxon Mobil XOM.N terminal ekspor Qua Iboe, aliran minyak mentah terbesar di negara itu.

Aktivitas militan di daerah yang kaya minyak Delta Niger telah mengambil sekitar 500.000 barel per hari produksi minyak mentah dari perusahaan lain di Nigeria, mendorong produksi minyak terbesar bangsa Afrika untuk mencapai posisi terendah lebih dari 22 tahun.

Di Amerika Utara, produksi minyak mentah AS telah jatuh 8.790.000 barel per hari (bph), turun dari puncak lebih dari 9,6 juta barel per hari tahun lalu, sebagai gelombang kebangkrutan memukul produsen.

Di Kanada, produksi juga telah dipotong sebagai kebakaran hutan memaksa penutupan dari sekitar 1 juta barel produksi harian, meskipun produksi kembali secara bertahap.

Di Amerika Selatan, produksi dari anggota OPEC Venezuela juga melambat sebagai perusahaan minyak milik negara PDVSA berjuang memperoleh pemasukan uang tunai di tengah krisis politik dan ekonomi yang mendalam.

Produksi minyak mentah Venezuela jatuh ke sekitar 2,53 juta barel per hari pada kuartal pertama 2016 dibandingkan dengan 2,72 juta barel per hari pada kuartal yang sama tahun lalu, data dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) menunjukkan.

Lihat : Harga Minyak Mentah Turun Terpicu Peningkatan Pengiriman Produksi

Meskipun demikian gangguan pasokan minyak ke pelanggan tidak berisiko, berkat produksi tinggi yang sedang berlangsung di Timur Tengah dan Rusia, dan karena kelebihan persediaan minyak di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat dan Asia.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya harga minyak mentah berpotensi turun dengan penguatan dollar AS dan kekuatiran kelebihan pasokan global. Harga diperkirakan menembus kisaran Support $ 48,00-$ 47,50, dan jika naik akan menembus kisaran Resistance $ 49,00-$ 49,50.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here