Pergerakan Rupiah Sepekan Mengecewakan, Tembus Kisaran 13600

450

Mengakhiri perdagangan  pasar valas akhir pekan ini  (20/05), kurs rupiah yang dibuka lebih rendah dari perdagangan sebelumnya tidak berhasil melawan kekuatan dollar AS yang sejak perdagangan sesi Asia memberikan tekanan jual terhadap valas kawasan Asia. Pekan ini kembali rupiah mencetak pelemahan dalam sepekan untuk 3 pekan berturut, dan rupiah jatuh ke posisi terendah dalam 8 bulan.

Sekalipun pergerakan kurs rupiah sepanjang  perdagangan negatif, namun investor asing tidak menjadi terhalang lakukan bargain hunting beberapa saham unggulan sehingga tercetak net buy  sebesar Rp114 miliar.  Aksi investor asing ini turut membuat  IHSG rebound   dengan kenaikan  indeks  0,2% ke posisi 4712.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot sore  ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,36% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13607/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13594/US$.  Dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Rabu diperlemah dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  melemah ke 13573 dari posisi 13467 perdagangan hari Kamis (19/05), sedangkan kurs transaksi antar bank  diperlemah ke posisi 13641 setelah perdagangan sebelumnya 13534.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari masih berpotensi terjadi penguatan,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah   berpotensi bergerak positif meski  ekspektasi akhir perdagangan forex hari ini dollar menguat.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here