Bursa Wall Street Akhir Pekan Naik; Dow Jones Mingguan Turun

942

Bursa Saham AS ditutup lebih tinggi pada akhir perdagangan akhir pekan hari Jumat, dengan kinerja positif saham teknologi. Dow Jones industrial average gagal untuk memulihkan keuntungan untuk minggu setelah saham jatuh di tengah kekhawatiran baru dari kenaikan suku bunga lebih awal daripada yang diperkirakan.

Indeks Dow Jones ditutup sekitar 65 poin lebih tinggi, dengan saham IBM dan Travelers berkontribusi paling tinggi untuk keuntungan.

Sektor teknologi informasi naik hampir 1,2 persen untuk memimpin hampir semua sektor pada S & P 500 yang lebih tinggi.

Indeks Nasdaq unggul dengan kenaikan 1,2 persen, dibantu oleh keuntungan di saham Apple, Comcast dan Applied Materials.

Sektor Energi adalah yang terbaik dalam indels S & P 500 pada pekan ini, dengan indeks mengalami pelemahan beruntun tiga minggu.

Indeks Dow Jones turun 0,2 persen untuk minggu ini, untuk penurunan beruntun empat minggu pertama sejak berakhir Oktober 2014. Saham McDonald, Boeing dan 3M memiliki dampak negatif terbesar pada indeks selama seminggu.

Harga minyak mentah berjangka AS untuk pengiriman Juni turun 41 sen, atau 0,85 persen, pada $ 47,75 per barel, naik lebih dari 3 persen untuk seminggu. Kontrak digulung sampai Juli setelah menetap itu. Sementara itu, jumlah rig mingguan Baker Hughes ‘tetap tidak berubah.

Dalam berita ekonomi, penjualan rumah yang ada naik 1,7 persen pada bulan April untuk tingkat tahunan 5,45 juta unit, menurut National Association of Realtors. Laju penjualan direvisi Maret ini sedikit lebih tinggi untuk 5,36 juta unit dari yang dilaporkan sebelumnya 5.330.000 unit, kata Reuters.

Hasil Treasury berbalik lebih rendah, dengan yield 2-tahun sekitar 0,86 persen dan yield 10-tahun di dekat 1,85 persen.

Indeks dolar AS berada dalam sentuhan yang lebih tinggi untuk hari keempat keuntungan dan kenaikan tiga minggu pertama sejak Maret 2015. Euro berada di dekat $ 1,122 dan yen dekat ¥ 110,1 terhadap greenback.

Dalam berita laba, Campbell Soup melaporkan laba kuartalan di atas perkiraan pendapatan yang lebih rendah. Pembuat sup dan makanan ini mencatat kelanjutan dari “lingkungan konsumen sangat menantang,” tapi menaikkan proyeksi laba setahun penuh. Saham jatuh hampir 6,4 persen.

Deere membukukan laba yang mengalahkan pada kedua bagian atas dan garis bawah. Pembuat alat berat ini mencatat penurunan berkelanjutan dalam ekonomi pertanian global, serta kelemahan di sektor peralatan konstruksi, tetapi mengatakan itu dibantu oleh struktur biaya yang fleksibel, di antara faktor-faktor lain. Saham ditutup hampir 5,5 persen lebih rendah.

Foot Locker menyesuaikan perkiraan dengan laba kuartal pertama sebesar $ 1,39 per saham. Pendapatan sedikit di bawah ekspektasi analis, dan peningkatan dibandingkan toko penjualan 2,9 persen di bawah perkiraan konsensus dari lompatan 4,5. Perusahaan ini mencatat bahwa keuntungan berada di tingkat rekor, dan bahwa perusahaan melakukannya dengan baik dalam menangani pergeseran cepat selera pelanggan. Saham ditutup hampir 6,5 persen lebih rendah.

Lihat :Bursa Wall Street Berakhir Negatif Tertekan Prospek Kenaikan Suku Bunga AS

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 65,54 poin, atau 0,38 persen, di 17,500.94, dengan kenaikan tertinggi saham DuPont dan saham McDonald yang tertinggal terbesar.

Indeks Dow Jones turun 0,2 persen untuk minggu ini dan naik 0,44 persen untuk tahun ini.

Indeks S & P 500 ditutup naik 12,28 poin, atau 0,60 persen, pada 2,052.32, dengan sektor teknologi informasi memimpin sembilan sektor yang lebih tinggi dan hanya sektor staples konsumen yang koreksi terbesar.

Indeks S&P 500 menguat 0,28 persen selama seminggu dan naik 0,41 persen untuk tahun ini.

Indeks Nasdaq ditutup naik 57,03 poin, atau 1,21 persen, pada 4,769.56.

Indeks Nasdaq naik 1,1 persen untuk minggu ini dan turun 4,75 persen untuk tahun ini sejauh ini.

Malam nanti akan dirilis data Markit Manufacturing PMI Flash Mei yang diperkirakan naik dari hasil sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak positif jika data Markit Manufacturing terealisir meningkat. Namun perlu dicermati pergerakan bursa global dan harga minyak mentah yang dapat mempengaruhi pergerakan bursa Wall Street.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here