Harga Batubara Rotterdam Akhir Pekan Turun; Mingguan Turun 0,7 Persen

1179

Pada akhir perdagangan Sabtu dini hari (21/05), harga batubara Rotterdam berakhir turun tertekan pelemahan harga minyak mentah.

Harga minyak mentah turun pada akhir perdagangan akhir pekan pada hari Jumat terganjal aksi profit taking yang dipicu sentimen kenaikan suku bunga AS dalam waktu dekat yang akan meningkatkan dolar AS, ditengah tarik menarik sentimen kekenyangan global menghadapi penurunan pasokan yang tidak terduga.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate berakhir turun 26 sen atau 0,53 persen pada $ 48,41 per barel. Namun secara mingguan WTI masih naik 3,22 persen terpicu adanya gangguan pasokan di negara produsen.

Sedangkan harga minyak mentah patokan global Brent diperdagangkan 11 sen lebih rendah pada $ 48,70 per barel, turun tertinggi enam bulan pada $ 49,85 yang dicapai dua hari lalu.

Lihat : Harga Minyak Mentah Akhir Pekan Turun; Mingguan Naik 3 Persen

Dengan pelemahan harga minyak mentah tersebut, harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak bulan Juni 2016 turun di posisi 48,30 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penurunan sebesar -0,10 dollar atau setara dengan -0,21 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Secara mingguan harga batubara Rotterdam juga turun -0,72 persen, sebagian besar karena tertekan melemahnya harga minyak dan penguatan dollar AS.

Lihat : Harga Batubara Rotterdam ICE Tertekan Pelemahan Minyak Mentah

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi turun dengan sentimen pelemahan minyak mentah akibat sentimen penguatan dollar AS dan kelebihan pasokan.

Harga batubara berjangka berpotensi mengetes level support pada posisi 47,80 dollar dan support kedua di level 47,30 dollar. Sedangkan level resistance yang akan diuji jika terjadi peningkatan harga ada pada posisi 48,80 dollar dan 49,30 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here