Harga Kakao ICE Akhir Pekan Naik; Mingguan Turun Hampir 2 Persen

801

Harga kakao berjangka ICE Futures pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (21/05) ditutup rebound. Kenaikan harga kakao terpicu aksi short covering investor.

Kenaikan harga kakao didukung aksi short covering karena pedagangan mengantisipasi pada panen pertengahan tanaman Afrika Barat yang rusak akibat cuaca kering.

Pelemahan dollar AS juga mendukung kenaikan harga kakao. Pada akhir perdagangan mata uang akhir pekan, indeks dollar AS berakhir lemah 0,03 persen pada 95.23.

Lihat : Harga Kakao ICE Turun Terganjal Kekuatan Dollar AS

Di akhir perdagangan Sabtu dini hari harga kakao berjangka kontrak Juli 2016 yang merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup dengan membukukan peningkatan. Harga komoditas tersebut ditutup naik sebesar 19 dollar atau 0,66 persen pada posisi 2.912 dollar per ton.

Secara mingguan harga kakao mengalami penurunan -1,85 persen, sebagian besar karena tekanan penguatan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya akan bergerak dalam kecenderungan menguat terbatas dengan kekuatiran gangguan produksi dan pelemahan dollar AS.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk menembus level Resistance pada posisi 2.980 dollar. Jika level Resistance tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 3.030 dollar. Sedangkan level Support yang akan ditembus jika terjadi penurunan ada pada 2.880 dollar dan 2.830 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here