Harga Emas Bulan Mei Anjlok 6 Persen

872

Harga emas naik pada akhir perdagangan hari Selasa, rebound dari 3,5 bulan terendah di sesi sebelumnya, tapi tetap di jalur untuk penurunan terbesar bulanan sejak November pada kekuatan dalam dolar dan harapan tumbuh dari kenaikan suku bunga AS dalam waktu dekat .

Harga emas spot naik 0,99 persen pada $ 1,216.81 per ons, setelah jatuh sebanyak 1 persen pada hari Senin untuk $ 1,199.60. Itu terendah sejak 17 Februari, tertekan oleh kekuatan dalam dolar dan kenaikan harga saham global, meningkatkan risk appetite investor dan membukukan penurunan 6,2 persen di bulan Mei.

Sedangkan harga emas berjangka AS ditutup naik 80 sen pada $ 1,217.50.

Lihat : Harga Emas Turun Sempat Mencapai Dibawah $ 1,200

Emas yang telah naik 16 persen pada kuartal pertama, telah berada di bawah tekanan sejak rilis risalah dari pertemuan April Federal Reserve yang mendorong ekspektasi kenaikan suku bunga AS dalam waktu dekat. Komentar selanjutnya dari pejabat bank sentral utama, termasuk Ketua Fed Janet Yellen, telah menyarankan peningkatan akan datang pada bulan Juni atau Juli.

Dolar AS berada dekat tertinggi dalam dua bulan terhadap sekeranjang mata uang pada hari Selasa.

Investor akan memantau data manufaktur ISM Mei AS, pada hari Rabu, dan non-farm payrolls pada hari Jumat. Jika meningkat bisa meningkatkan ekspektasi untuk kenaikan suku bunga lebih cepat pada pertemuan kebijakan Fed tanggal 14-15 Juni.

Peningkatan suku bunga akan meningkatkan biaya kesempatan memegang emas, yang tidak mendapatkan bunga. Hal ini juga akan meningkatkan dolar AS, membuat emas lebih mahal bagi pembeli dalam mata uang lainnya.

Harga perak spot menuju penurunan bulanan terbesar sejak September 2014, turun hampir 10 persen. Harga perak menyentuh level terendah tujuh minggu di sesi sebelumnya sebelum pulih ke $ 16 pada hari Selasa.

Harga platinum spot naik 1,4 persen menjadi $ 977 per ons, setelah mencapai terendah dalam tujuh minggu di sesi sebelumnya. Sementara itu harga paladium spot,naik 0,97 persen pada $ 544,96 tetapi masih menuju penurunan bulanan terbesar sejak November.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas masih berpotensi tertekan dengan sentimen penguatan kenaikan suku bunga AS bulan Juni atau Juli. Harga emas diperkirakan menembus kisaran Support $ 1,215-$ 1,213, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 1,219-$ 1,221.


Freddy/ VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here