Harga Minyak Mentah Melonjak 7 Persen Bulan Mei

901

Harga minyak mentah ditutup lebih rendah pada akhir perdagangan hari Selasa, setelah Menteri Perminyakan UEA Suhail bin Mohammed al-Mazroui mengaku optimis dengan pasar minyak, mencatat bahwa harga telah terkoreksi lebih tinggi.

“Kami optimistis. Kami melihat bahwa pasar terkoreksi ke atas,” kata Mazroui di Wina. Hasil optimis diperkirakan dapat memicu negara-negara OPEC untuk meningkatkan produksi lagi, seperti yang dilakukan oleh Irak dan Arab Saudi.

Para Menteri perminyakan dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak bertemu pada hari Kamis di ibukota Austria.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS berakhir 0,47 persen lebih rendah, atau 23 sen, di $ 49,10 per barel.  WTI mencapai 7 bulan tinggi $ 50,21 pada hari Kamis dan membukukan keuntungan lebih dari 7 persen untuk bulan Mei.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 9 sen menjadi $ 49,67. Brent mencapai puncak November $ 50,51 pada hari Kamis dan membukukan kenaikan bulanan lebih dari 3 persen.

Lihat : Harga Minyak Mentah Meningkat Dengan Peningkatan Permintaan AS

Harga minyak mencatat kenaikan bulanan keempat berturut-turut, dengan investor bertaruh pada permintaan bahan bakar AS lebih tinggi dengan tibanya puncak musim mengemudi di negara konsumen minyak nomor 1 dunia ini.

Data dari perusahaan intelijen pasar Genscape menunjukkan penarikan 686.700 barel di Cushing, Oklahoma, titik pengiriman minyak mentah berjangka AS dalam pekan sampai 27 Mei pedagang mengatakan, laporan yang memberikan dukungan lebih lanjut untuk minyak.

Data belanja konsumen AS yang kuat juga mendukung harga minyak, meskipun ada kekhawatiran bahwa ekonomi yang kuat bisa mendorong Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga segera.

Investor terkena kekhawatiran sebelumnya tentang produksi Timur Tengah yang lebih tinggi yang membebani Brent, dan berjuang untuk pangsa pasar antara Arab Saudi dan Iran, yang keduanya akan berkumpul dengan anggota OPEC lainnya untuk pertemuan pada hari Kamis.

Permintaan bahan bakar AS akan meningkat dengan musim mengemudi yang dimulai dengan liburan Memorial Day Senin.  Manajer hedge fund dan manajer keuangan lainnya pekan lalu menaikkan taruhan bullish pada WTI untuk tertinggi 2016 untuk minggu kedua berturut-turut karena harga menuju $ 50 per barel.

Irak akan memasok 5 juta barel minyak mentah ekstra untuk mitra perusahaan minyak internasional pada bulan Juni, sumber industri akrab dengan masalah tersebut.

Irak telah menargetkan volume ekspor minyak mentah dari terminal selatan bulan depan dari 3,47 juta barel per hari, menjelang pertemuan Organisasi Negara Pengekspor Minyak pada 4 Juni.

Arab Saudi, eksportir minyak mentah dunia, dan sesama produsen OPEC Kuwait, Iran dan Uni Emirat Arab, juga berencana untuk meningkatkan pasokan pada kuartal ketiga.

Salah satu topik dalam agenda kelompok adalah memilih sekretaris jenderal baru untuk menggantikan Abdullah al-Badri, dengan Mohammed Barkindo dari Nigeria muncul sebagai terdepan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah bergerak sideways dengan tarik menarik permintaan musim panas di AS dan penguatan dollar AS. Namun akan cenderung melemah jika sentimen kekenyangan global kembali menguat. Harga akan menembus kisaran Support $ 48,50- $ 48,00, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 49,50 – $ 50,00.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here