Harga Minyak Mentah Naik Dengan Penurunan Persediaan Mingguan AS

701

Harga minyak mentah naik pada akhir perdagangan hari Kamis setelah data menunjukkan penarikan mingguan persediaan minyak mentah AS membantu pasar minyak mentah pulih setelah keputusan OPEC untuk tidak menetapkan batas untuk produksinya.

Persediaan minyak mentah AS turun 1,4 juta barel pada pekan lalu, demikian pernyataan Administrasi Informasi Energi (EIA). Meskipun lebih rendah dari 2,5 juta barel diperkirakan oleh analis, hasil penarikan ini masih membantu minyak mentah berjangka menghapus kerugian awal.

Persediaan bensin turun 1,5 juta barel, sedangkan persediaan bahan bakar distilasi turun 1,3 juta barel, kata EIA. Produksi minyak mentah AS juga terus menurun, menurut data mingguan awal EIA.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) berakhir naik 16 sen lebih tinggi, atau 0,3 persen, pada $ 49,17 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka patokan Internasional Brent naik 22 sen pada $ 49,94 per barel.

Harga minyak sempat jatuh lebih dari 1 persen pada hari Kamis setelah Organisasi Negara Pengekspor Minyak mengakhiri pertemuan baru-baru tanpa menetapkan batas untuk produksinya.

Pelaku pasar mengikuti pertemuan OPEC di Wina untuk tanda-tanda kesepakatan tentang menghidupkan kembali kuota produksi kolektif kelompok yang diusulkan oleh Arab Saudi atau pengenalan kuota negara anggota individu yang disarankan oleh Iran.

Namun Organisasi Negara Pengekspor Minyak gagal menyepakati ini, dengan Arab Saudi, suara dominan, mengatakan pembatasan baru produksi masih terlalu dini.

Lihat : OPEC Kembali Gagal Sepakati Pembatasan Produksi

Namun, Arab Saudi berjanji untuk tidak membanjiri pasar dengan minyak ekstra, menunjukkan pelunakan sikap sebelumnya dengan terus berproduksi untuk mempertahankan pangsa pasar kelebihan pasokan oleh sekitar 1,5 untuk 2 juta barel per per hari.

Menteri Energi Saudi Khalid al-Falih mengatakan kepada CNBC ia percaya pasar minyak dalam kondisi yang baik.

“Pasar adalah menyeimbangkan. Tren semua baik dalam hal penawaran dan permintaan. Harga telah pulih sedikit dan saya yakin mereka akan terus pulih,” katanya.

Beberapa pedagang mengatakan harga minyak mentah yang sebagian ditekan oleh pemulihan dolar menyusul komentar Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi yang dianggap bearish untuk euro.

Meskipun kenaikan produksi dengan produsen Timur Tengah OPEC, produksi keseluruhan kelompok tetap sebagian besar datar tahun ini, saat ini berdiri di 32,5 juta barel per hari (bph), dibatasi oleh gangguan terutama di Nigeria, Libya dan Venezuela.

Citi mengatakan diperkirakan harga minyak naik di atas $ 50 per barel “dalam waktu dekat” sebagai serangan terhadap infrastruktur minyak di Nigeria, listrik padam dan masalah pembayaran di Venezuela dan kekacauan di Libya telah mengekang total produksi OPEC bahkan Iran telah menggenjot produksinya lebih sulit dan lebih cepat dari yang diharapkan.

Karena gangguan pasokan di tempat lain, produsen biaya rendah di Timur Tengah melihat sedikit alasan untuk menahan produksi sebagai kondisi pasar secara keseluruhan telah meningkat secara signifikan bagi mereka tahun ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah bergerak menguat dengan penurunan persediaan minyak mentah AS. Harga akan menembus kisaran Support $ 48,70- $ 48,20, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 49,70 – $ 50,20.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here