Harga Minyak Mentah Capai Posisi Tertinggi Baru 2016

1123

Harga minyak mentah berjangka AS naik untuk hari ketiga berturut-turut pada akhir perdagangan Rabu, pada posisi tertinggi baru 2016, terdorong laporan penarikan persediaan minyak mentah mingguan EIA dan masih berlangsungnya serangan fasilitas minyak di Nigeria.

Persediaan minyak mentah AS jatuh untuk minggu ketiga berturut-turut hingga 3 Juni, turun sebesar 3,2 juta barel dibandingkan ekspektasi analis untuk penarikan 2,7 juta barel, data pemerintah AS menunjukkan.

Harga minyak mentah berjangka AS berakhir naik 87 sen lebih tinggi, atau 1,7 persen di $ 51,23 per barel, setelah mencapai $ 51,34, level tertinggi sejak Juli, pada awal sesi.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka patokan global Brent naik $ 1,07, atau 2,1 persen, pada $ 52,50 per barel, setelah mencapai tinggi kembali ke 12 Oktober.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Naik Tertinggi 8 Bulan

Tapi persediaan bensin dan sulingan tumbuh sebesar 1 juta barel, yang termasuk minyak diesel dan minyak pemanas, naik 1,8 juta barel, dibandingkan perkiraan penarikan.

Hal ini menunjukkan sentimen bahwa permintaan bensin akan melemah lebih dari yang diperkirakan atau yang kekenyangan minyak mentah akan tercermin kekenyangan bensin, kata Troy Vincent, analis minyak mentah penyedia data energi ClipperData yang berkantor pusat di New York.

Produksi minyak mentah AS naik 10.000 barel per hari menjadi 8.745.000 barel per hari dari minggu sebelumnya, membalikkan tren 15-minggu penurunan produksi.

“Peningkatan Bensin adalah kejutan besar, khususnya karena musim mengemudi sedang berlangsung,” kata Tariq Zahir, managing partner di Tyche Capital Advisors di New York.

Minyak mentah mencapai tertinggi tahun ini setelah Avengers Niger Delta kelompok militan mengatakan telah meledakkan kilang minyak Chevron di Nigeria, menolak perundingan damai dengan pemerintah. The Avengers telah membuat produksi minyak di Nigeria, setelah produsen minyak mentah terbesar Afrika, ke level terendah 20-tahun.

Harga juga didukung oleh data yang menunjukkan impor minyak mentah Tiongkok pada Mei mencapai tertinggi dalam lebih dari enam tahun.

Penurunan dolar ke posisi terendah lima minggu pada memudarnya harapan untuk kenaikan suku bunga AS dalam waktu dekat telah memberikan keuntungan bagi pemegang euro dan mata uang lainnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi bergerak naik dengan sentimen penurunan produksi dan pelemahan dollar AS. Harga akan menembus kisaran Resistance $ 51,70- $ 52,20, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support $ 50,70 – $ 50,20.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here