Harga Minyak Mentah Rally di Sesi Asia, Tetap Tertinggi 2016

767

Harga minyak mentah tetap dekat posisi tertinggi 2016 pada awal perdagangan sesi Asia hari Kamis (09/06), didukung oleh penurunan persediaan minyak mentah AS, melemahnya dolar AS dan permintaan yang kuat, tetapi beberapa analis memperingatkan bahwa rally baru-baru ini mulai terlihat berlebihan.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) naik 32 sen lebih tinggi pada $ 51,55 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka patokan Internasional Brent diperdagangkan pada $ 52,70 per barel pada 0045 GMT, naik 19 sen dari penutupan terakhir mereka.

Para pedagang mengatakan kenaikan harga yang sebagian besar merupakan hasil dari penurunan persediaan minyak mentah AS.

Data dari Energy Information Administration (EIA) AS menunjukkan persediaan minyak mentah AS pekan lalu turun sebesar 3,23 juta barel menjadi 532.500.000 barel, menandai penurunan mingguan ketiga berturut-turut mereka.

Lihat : Harga Minyak Mentah Capai Posisi Tertinggi Baru 2016

Melemahnya dolar AS, turun sekitar 2,4 persen bulan ini terhadap sekeranjang mata uang lainnya, membuat impor bahan bakar dolar diperdagangkan untuk negara-negara yang menggunakan mata uang lainnya lebih murah, juga mendukung harga minyak, kata para pedagang.

Tetapi beberapa analis mengatakan, ada juga tanda-tanda bahwa kenaikan harga minyak baru-baru, yang melihat Brent reli 6 persen bulan ini dan harga hampir dua kali lipat sejak Februari ke tertinggi satu tahun, mungkin berlebihan.

ANZ Bank mengatakan bahwa kenaikan harga yang terhalangi oleh peningkatan produksi minyak mentah dari 10.000 barel per hari menjadi 8,75 juta barel per hari dan jumlah rig aktif meningkat 9 menjadi 325″.

Pedagang juga memperingatkan peningkatan yang sedang berlangsung di produk sulingan di Amerika Serikat dan Asia.

Dengan fundamental kuat baik untuk dan melawan harga yang lebih tinggi, banyak pedagang dan analis mengatakan bahwa patokan harga $ 50-60 untuk satu barel minyak mentah adalah nilai wajar untuk minyak, tercermin dalam kurva maju Brent yang tetap dalam kisaran sampai awal 2021.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi bergerak naik dengan sentimen penurunan produksi dan pelemahan dollar AS. Harga akan menembus kisaran Resistance $ 52,00- $ 52,50, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support $ 51,00 – $ 50,50.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here