Harga Minyak Mentah Merosot 1 Persen Tergerus Penguatan Dolar AS

649

Harga minyak mentah merosot pada akhir perdagangan hari Kamis, setelah reli tiga hari dan mencapai posisi tertinggi 2016, tertekan penguatan dollar AS yang memicu profit taking investor.

Profit-taking muncul setelah indeks dolar AS naik setengah persen. Kenaikan dolar AS didukung oleh penurunan tak terduga dalam klaim pengangguran dalam negeri dan kenaikan kuat dari perkiraan penjualan grosir pada bulan April, menenangkan beberapa kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi AS yang melambat pada kuartal kedua.

Dolar AS yang lebih kuat membuat minyak yang diperdagangkan dalam mata uang dolar AS kurang menarik bagi pemegang euro dan mata uang lainnya.

Harga minyak mentah berjangka AS berakhir 67 sen lebih rendah, atau 1,3 persen, pada $ 50,56 per barel setelah mencapai posisi baru tertinggi 2016 pada $ 51,67.

Harga  minyak mentah berjangka Brent diperdagangkan turun 62 sen, atau 1,2 persen, pada $ 51,88 per barel, setelah menetapkan posisi tertinggi 2016 pada $ 52,86 per barel di awal sesi.

Lihat : Harga Minyak Mentah Rally di Sesi Asia, Tetap Tertinggi 2016

Sementara itu ancaman terus menerus oleh militan terhadap industri minyak Nigeria dan kekuatiran insiden keamanan yang berlanjut yang bisa memukul pasokan di seluruh dunia, namun, penurunan terbatas terjadi di minyak mentah dengan adanya penguatan dolar AS.

Namun para analis juga mengantisipasi tekanan untuk minyak mentah dalam beberapa pekan mendatang karena pasokan minyak Kanada setelah kebakaran bulan lalu dalam minyak pasir wilayah Alberta dan impor minyak lainnya yang tumbuh, melambat untuk digunakan dalam persediaan minyak mentah AS.

Minyak mentah berjangka telah meningkat hampir dua kali lipat sejak hampir terendah 13-tahun pada $ 27 untuk Brent dan $ 26 untuk WTI pada kuartal pertama.

Harga minyak menguat setelah data pada hari Rabu dari Energy Information Administration (EIA) AS menunjukkan stok minyak mentah AS pekan lalu turun 3.230.000 barel menjadi 532.500.000, penurunan mingguan ketiga berturut-turut.

Delta Niger Avengers kelompok militan pada hari Rabu menolak tawaran perundingan dengan pemerintah untuk mengakhiri serangan terhadap fasilitas minyak dan mengatakan telah meledakkan sebuah situs pipa Chevron di Delta Niger.

Tetapi beberapa analis mengatakan ada tanda-tanda bahwa tekanan ke bawah pada harga memuncak.

Bank ANZ menyatakan kenaikan tersebut tertahan oleh peningkatan produksi minyak mentah AS dari 10.000 barel per hari menjadi 8,75 juta barel per hari dan jumlah rig aktif meningkat 9 sampai 325.

Pedagang juga memperingatkan sedang berlangsung peningkatan dari persediaan produk olahan di Amerika Serikat dan Asia.

Dengan fundamental baik untuk dan melawan harga yang lebih tinggi, banyak pedagang dan analis mengatakan harga $ 50-60 per barel mungkin nilai wajar untuk minyak. Hal ini tercermin dalam kurva maju Brent, yang tetap berada dalam kisaran tersebut yang sampai awal 2021.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi bergerak turun dengan sentimen penguatan dollar AS. Harga akan menembus kisaran Support $ 50,00- $ 49,50, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 51,00 – $ 51,50.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here