Persediaan Grosir AS April Naik Tertinggi 10 Bulan, Dorong Kenaikan Proyeksi PDB

687

Persediaan grosir AS mencatatkan kenaikan terbesar mereka dalam 10 bulan pada bulan April, mendorong ekonom untuk dapat menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonomi kuartal kedua mereka. Kenaikan persediaan datang sejalan dengan penjualan di grosir naik untuk bulan kedua berturut-turut.

Prospek pertumbuhan untuk kuartal kedua menerima dorongan lebih lanjut dari laporan terpisah dari Departemen Perdagangan pada hari Kamis (09/06) yang menunjukkan persediaan grosir meningkat 0,6 persen pada April, kenaikan terbesar sejak Juni tahun lalu, setelah naik 0,2 persen pada Maret.

united-states-wholesale-inventories

Penjualan di grosir melonjak 1,0 persen pada April, kenaikan terbesar sejak April 2015, setelah maju 0,6 persen pada Maret. Dengan peningkatan penjualan mantap untuk bulan kedua berturut-turut, itu akan mengambil grosir 1,35 bulan untuk membersihkan persediaan, turun dari 1,36 bulan Maret.

Lihat : Tunjangan Pengangguran AS Turun Tak Terduga

Komponen persediaan grosir yang masuk ke dalam perhitungan PDB – persediaan grosir tidak termasuk kendaraan – meningkat 0,8 persen pada April. Akibatnya, ekonom mengangkat kuartal kedua perkiraan pertumbuhan PDB mereka sebanyak tiga persepuluh persentase poin menjadi setinggi tingkat 2,7 persen.

Persediaan telah menghambat pertumbuhan PDB sejak kuartal ketiga 2015.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here