Rupiah Akhir Pekan Berhasil Kalahkan Dollar AS

822

Mengakhiri perdagangan  pasar valas akhir pekan (17/6), kurs rupiah yang dibuka lebih tinggi  dari perdagangan sebelumnya berhasil ditutup di zona positif meskipun secara mingguan rupiah alami pelemahan. Sepanjang minggu ini hanya 2 hari perdagangan saja rupiah menguat, selebihnya tertekan oleh sentimen safe haven terhadap dollar AS.

Kuatnya rupiah sepanjang hari  perdagangan akhir pekan telah membuat investor asing semangat setor  modalnya sehingga diakhir perdagangan terbentuk net buy sebesar Rp68 miliar lebih. IHSG yang dibuka positif berhasil ditutup menguat oleh aksi asing ini, IHSG rebound ke o,4%.

Lihat: IHSG 17 Juni Berakhir Naik Terdorong Penguatan Rupiah dan Bursa Global

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,27% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13339/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13358/US$.  Dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Rabu  diperlemah dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  melemah ke  13358  dari  posisi 13327 perdagangan hari Kamis (16/06),  sedangkan kurs transaksi antar bank melemah ke posisi 13425 setelah perdagangan sebelumnya 13394.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdaganganawal pekan depan diperkirakan  dibuka positif  oleh ekspektasi pelemahan dollar AS   hingga akhir perdagangan malam nanti.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here