Rupiah Senin Siang Semakin Kuat, Namun Bursa Saham Masih Merah

471

Mengamati pergerakan nilai tukar rupiah di pasar valas dan perdagangan antar bank Senin siang (20/06), kurs rupiah yang dibuka  lebih tinggi  dari perdagangan akhir pekan  semakin bergerak kuat terhadap dollar AS. Sentimen pelemahan dollar AS terhadap banyak rival dunia masih menjadi alasan kuat rupiah lanjutkan rally.

Mantapnya nilai tukar rupiah hingga sesi siang tidak mengubah sikap investor asing yang mencetak net sell Rp44 miliar lebih. Aksi beli investor asing yang lebih banyak menjual dari pada membeli saham unggulan membayangi pergerakan IHSG yang bergerak flat.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,61% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13258/US$ setelah  dibuka kuat  pada level Rp13278/US$.  Demikian juga dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Rabu  diperkuat dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  menguat ke  13260  dari  posisi 13358 perdagangan hari Jumat (17/06),  sedangkan kurs transaksi antar bank menguat ke posisi 13326 setelah perdagangan sebelumnya 13425.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi  kuat terus hingga akhir perdagangan  oleh pelemahan dollar AS  hingga sesi malam, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13287  resistance  13252 per dollar.

H Bara/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here