Risalah RBA : Suku Bunga Dipangkas Jika Inflasi Rendah dan Aussie Tinggi

472

Prospek inflasi yang rendah dan meningkatnya dolar Australia bisa meletakkan dasar untuk memotong suku bunga resmi berikutnya, demikian Reserve Bank of Australia (RBA) telah memberi sinyal yang tercatat dalam risalah pertemuan kebijakan RBA yang dirilis Selasa (21/06).

Dalam risalah dari pertemuan Juni ketika suku bunga ditahan di 1,75 persen, RBA mengatakan baik ukuran inflasi jangka pendek dan jangka panjang tetap di bawah rata-rata.

Inflasi yang rendah dan kekhawatiran tentang deflasi mendorong RBA untuk menyampaikan penurunan suku bunga pada bulan Mei, bertepatan dengan rilis dari anggaran federal.

Merefleksikan inflasi global yang rendah dan dampak potensi di sini, RBA mengatakan, “kebijakan moneter sangat akomodatif dalam ekonomi utama dan diperkirakan tetap demikian mengingat bahwa inflasi di bawah target banyak bank-bank sentral”.

Inflasi konsumen di Australia berjalan pada 1,3 persen jauh di bawah kisaran target RBA 2 sampai 3 persen dari waktu ke waktu.

RBA mengatakan sementara dolar Australia telah terdepresiasi sekitar 4 persen terhadap dolar AS, pemulihan baru-baru ini “bisa menyulitkan penyesuaian ekonomi untuk menurunkan hal perdagangan”.

Bank sentral juga memantau pasar tenaga kerja dan mengatakan meskipun kekuatan terlihat pada akhir 2015 telah ada “beberapa moderasi” dalam pertumbuhan lapangan kerja tahun ini.

Meskipun telah ada bukti terbaru bahwa transisi dari booming investasi pertambangan terjadi, RBA adalah melihat “penurunan tajam lebih lanjut dalam investasi pertambangan dan penurunan investasi non-pertambangan di 2016/17”.

Pada perumahan, RBA mencatat bahwa sementara persetujuan bangunan perumahan meningkat sangat kuat di bulan April, ini bisa seimbang dengan berlebihnya apartemen datang ke pasar dalam dua tahun ke depan.

RBA mengatakan “menjadi indikasi bahwa efek dari langkah-langkah pengawasan” telah memperkuat standar kredit oleh bank-bank besar.

RBA juga mengutip referendum terkait keanggotaan Inggris di Uni Eropa sebagai faktor yang meningkatkan volatilitas pasar.

Pada Tiongkok, RBA mengatakan langkah oleh pihak berwenang Tiongkok untuk mengekang spekulasi harga komoditas telah menyebabkan penurunan harga bijih besi baru-baru ini.

Sementara pasar uang dalam kesempatan kecil untuk penurunan suku bunga pada bulan Juli, harapan tumbuh bahwa RBA akan memotong lagi pada bulan Agustus setelah data inflasi konsumen yang kuat dirilis pada akhir Juli.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here