Rupiah Selasa Berhasil Juga Menguat Kalahkan Dollar

497

Mengakhiri perdagangan  pasar valas hari Selasa (21/6), kurs rupiah yang dibuka lebih rendah  dari perdagangan sebelumnya berhasil menguat mengalahkan dollar meskipun dengan kekuatan tipis. Rupiah kembali menguat ditengah lemahnya fundamental dollar AS.

Dominan lemahnya  rupiah sepanjang hari   tidak membuat investor asing kurangi setoran  modalnya ke bursa saham,  justru bertambah dan terbentuk  net buy sebesar Rp536 miliar lebih. IHSG yang bergerak positif sejak awal perdagangan  berhasil juga ditutup kuat, IHSG bertahan di zona hijau dengan penguatan   o,3%.

Lihat: IHSG 21 Juni Berakhir Positif, Dana Asing 0,5 Triliun Lebih Masuk Bursa

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot sore  ini masih  bergerak positif dengan posisi penguatan 0,05% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13247/US$ setelah  dibuka kuat  pada level Rp13271/US$. Demikian juga dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Rabu  diperkuat dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  melemah ke  13286  dari  posisi 13260 perdagangan hari Senin (20/06), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat ke posisi 13352 setelah perdagangan sebelumnya 13326.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka positif  oleh ekspektasi kelanjutan pelemahan dollar AS   hingga akhir perdagangan malam nanti.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here