Rupiah Kamis Siang Sedot Modal Asing Masuk Bursa

461

Mengamati pergerakan nilai tukar rupiah di pasar valas dan perdagangan antar bank Kamis siang (23/06), kurs rupiah semakin kuat setelah  dibuka  lebih tinggi  dari perdagangan sebelumnya. Kekuatan rupiah juga sama dengan penguatan kurs jisdor dan transaksi antar bank ditengah lemahnya fundamental dollar AS terhadap mata uang utama lainnya.

Kuatnya  nilai tukar rupiah hingga sesi siang menambah setoran modal investor asing yang  dari awal perdagangan sehingga mencetak net buy  Rp48 miliar lebih. Suntikan modal asing puluhan miliar ini masih belum mampu angkat IHSG yang alami tekanan jual dari investor lokal hingga anjlok 0,3%.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot siang ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,17% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13260/US$ setelah  dibuka kuat  pada level Rp13251/US$. Demikian juga dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Rabu  diperkuat dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  menguat ke  13265  dari  posisi 13298 perdagangan hari Rabu (22/06), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat ke posisi 13331 setelah perdagangan sebelumnya 13364.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hingga akhir perdagangan  diperkirakan masih bergerak negatif, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13283  resistance  13244 per dollar.

H Bara/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here