Harga Minyak Mentah AS Naik Terdorong Jajak Pendapat Inggris Tetap di UE

436

Harga minyak mentah naik di perdagangan volatile pada akhir perdagangan hari Kamis di AS, setelah jajak pendapat terakhir menunjukkan Inggris kemungkinan akan tetap di Uni Eropa.

Jajak pendapat oleh ComRes, yang dilakukan untuk surat kabar Daily Mail dan televisi ITV, dan oleh YouGov untuk surat kabar The Times di London, menunjukkan kenaikan pada menit terakhir dalam mendukung untuk Inggris untuk tetap di Uni Eropa.

Harga minyak juga didukung oleh laporan perusahaan intelijen pasar Genscape untuk penarikan hampir 1 juta barel di titik penyimpanan Cushing, Oklahoma untuk minyak mentah berjangka AS selama seminggu hingga tanggal 21 Juni, pedagang yang melihat data tersebut.

Harga minyak mentah berjangka AS ditutup naik 98 sen, atau 1,99 persen, pada $ 50,11 per barel, dan terakhir diperdagangkan naik 90 sen, atau 1,83 persen di $ 50,03.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent turun 6 sen, atau 0,12 persen, pada $ 50,85 per barel. Selama sesi itu naik sebanyak 2 persen, mencapai intra-day tinggi $ 50,90.

Komoditas dan pasar keuangan lainnya telah gelisah menjelang referendum Inggris pada keanggotaan Uni Eropa. Sebagian besar hasil diharapkan diperoleh antara 0100 dan 0300 GMT, dengan YouGov exit poll segera setelah pemungutan suara ditutup pada 2100 GMT.

Indeks dolar turun 0,15 persen. Sementara rally sterling untuk tertinggi 2016 membebani dolar, lebih rendah klaim pengangguran AS membatasi penurunan greenback sebagai data didukung prospek ekonomi dan peluang Amerika untuk kenaikan suku bunga. Melemahnya dolar membuat minyak dalam mata uang dollar lebih menarik bagi pengguna mata uang lainnya.

Sedangkan minyak cenderung terus tinggi, bergerak intraday yang berombak lebih spekulasi tentang bagaimana orang Inggris akan keluar dari Uni Eropa.

Dalam berita pasar minyak, Asosiasi Produsen Minyak Kanada memotong proyeksi produksi minyak Kanada 2030 sebesar 400.000 barel per hari (bph) menjadi 4,9 juta barel per hari.

Nordic SEB Bank mengangkat estimasi minyak mentah Brent 2016 untuk $ 48 per barel, naik dari $ 44 sebelumnya, dan menaikkan proyeksi harga 2017 ke $ 55 per barel dari $ 50.

Menteri Energi Arab Saudi mengatakan dalam sebuah wawancara televisi Saudi bahwa harga minyak membaik dan pasokan dan permintaan hampir seimbang.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi bergerak naik dengan potensi pelemahan dollar AS dengan perkiraan Inggris tetap di Uni Eropa. Harga akan menembus kisaran Resistence $ 50,60- $ 51,10, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support $ 49,60 – $ 49,10.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here