Li Keqiang Optimis Ekonomi Tiongkok Tumbuh Stabil

593

Perdana Menteri Li Keqiang membantah kemungkinan ekonomi Tiongkok akan menderita “hard landing” ketika berpidato dalam  Annual Meeting of the New Champions 2016, or Summer Davos, di Tianjin Senin.

“Kami bisa memberikan target pembangunan ekonomi dan sosial yang besar yang ditetapkan untuk 2016,” katanya pada upacara pembukaan forum untuk pebisnis dan pemimpin ekonomi yang berkembang pesat.

Ekonomi Tiongkok terus tumbuh stabil pada kuartal kedua tahun ini, menyusul ekspansi 6,7 persen dalam tiga bulan pertama. Penggerak ekonomi baru berkembang dengan cepat dan indikator ekonomi utama menstabilkan atau memperbaiki, menurut Perdana Menteri.

Dalam lima bulan pertama, 5770000 pekerjaan perkotaan diciptakan. Tingkat pengangguran di 31 kota besar adalah 5,02 persen pada Mei. “Kami optimis tentang ekonomi sekarang dan di masa depan,” kata Li.

Fundamental ekonomi Tiongkok tidak berubah, dan pemerintah akan mempertahankan kebijakan makro konstan dan stabil. “Secara umum, struktur ekonomi mengoptimalkan. Kualitas pertumbuhan membaik. Momentum adalah menguat,” tegasnya.

Tapi perdana menteri menyatakan melemahnya permintaan eksternal, lamban investasi swasta dan manufaktur, risiko keuangan dan kelebihan kapasitas sebagai masalah besar.

Li berjanji untuk terus mendorong reformasi struktural supply-side dengan fokus pada pengurangan kapasitas, destocking, deleveraging, dan mengurangi biaya dalam melakukan bisnis dan memperbaiki kekurangan.

Tiongkok sedang mencoba untuk membiasakan diri lepas ketergantungan yang berlebihan pada sumber daya alam dan beralih ke sumber daya manusia dan inovasi untuk menjaga perekonomian tumbuh pada kecepatan sedang-tinggi.

Negara ini akan terus mempromosikan kewirausahaan massa dan inisiatif “Internet Plus” untuk mendorong mesin pertumbuhan baru. Sekitar 40.000 entitas pasar baru sedang menyiapkan setiap hari, menurut Li.

Pemerintah juga akan terus memotong kelebihan kapasitas di baja dan sektor batubara dalam “berorientasi pasar dan cara halal”.

Menurut perdana menteri, pemerintah dan perusahaan akan mengambil langkah-langkah untuk mempekerjakan kembali pekerja baja dan penambang batu bara dibuat berlebihan.

“Kelebihan kapasitas merupakan tantangan global dan Tiongkok siap untuk menjadi sebuah negara yang bertanggung jawab dengan semua langkah proaktif tersebut,” katanya.

Li juga berjanji bahwa Tiongkok akan membuat penyesuaian fiskal, keuangan dan investasi untuk yang mendukung ekonomi riil, memperdalam reformasi di BUMN dan memberikan perusahaan swasta lebih banyak akses ke pasar.

Selain itu, Tiongkok akan lebih membuka sektor jasa dan manufaktur dan menciptakan lebih adil lingkungan investasi, lebih transparan dan predicable bagi investor asing.

Tiongkok akan mempertahankan mekanisme mengambang valuta asing yang berhasil dan disesuaikan mengacu dengan sekeranjang mata uang berbasis pasar, Li mengatakan, menambahkan bahwa fundamental ekonomi mengesampingkan depresiasi jangka panjang yuan.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here