Inflasi Jerman Juni Meningkat

563

Harga konsumen Jerman naik sedikit pada bulan Juni, demikian data regional yang ditunjukkan pada hari Rabu, menunjukkan tekanan harga di ekonomi terbesar Eropa ini secara perlahan meningkat, namun mereka tetap lemah meskipun kebijakan moneter ultra-longgar Bank Sentral Eropa.

Para ekonom mengatakan keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa akan lebih mengurangi pertumbuhan dan inflasi di zona euro, meningkatkan harapan ECB memperluas stimulus moneter untuk mengurangi dampak.

Blok tersebut telah berjuang dengan sedikit atau tidak ada inflasi selama setahun terakhir, terutama disebabkan oleh penurunan harga minyak. ECB mengharapkan untuk tetap di bawah target 2 persen untuk beberapa tahun.

Data awal dari enam regional Jerman, termasuk dua regional yang paling padat penduduknya dari Rhine-Westphalia Utara dan Bavaria, menunjukkan inflasi tahunan naik tipis pada bulan Juni.

Harga konsumen naik 0,6 persen pada tahun ini di Bavaria, sebesar 0,4 persen di North Rhine-Westphalia dan 0,4 persen di Saxony. Mereka naik 0,2 persen di Baden-Wuerttemberg, tidak berubah di Hesse dan turun 0,1 persen di Brandenburg.

Harga konsumen Jerman, yang diselaraskan untuk membandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya (HICP), naik 0,2 persen pada tahun ini setelah tidak berubah pada bulan Mei, kata Kantor Statistik Federal.

Pembacaan sejalan dengan konsensus perkiraan Reuters, merupakan yang tertinggi sejak Januari, ketika inflasi mencapai 0,4 persen.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here