Penjualan Ritel Jepang Mei Merosot

491

Penjualan ritel Jepang menurun pada bulan Mei, menggarisbawahi tantangan Perdana Menteri Shinzo Abe menghadapi dalam meningkatkan belanja konsumen dan menghidupkan kembali perekonomian.

Penjualan yang menurun pada Mei dari bulan sebelumnya, ketika mereka turun, kementerian perdagangan melaporkan Rabu. Perkiraan median ekonom yang disurvei Bloomberg adalah untuk tidak ada kenaikan. Faktor yang menguntungkan termasuk penjualan mesin dan peralatan, sedangkan sektor termasuk makanan dan minuman yang negatif.

japan-retail-sales-annual (2)

Dari tahun sebelumnya, penjualan turun 1,9 persen, dibandingkan dengan penurunan perkiraan 1,6 persen dalam survei. Penyumbang terbesar penurunan itu adalah bahan bakar, mencerminkan penurunan harga minyak. Bahkan karena harga minyak telah meningkat baru-baru ini levelnya masih rendah dibandingkan dengan tahun lalu.

Sinyal laporan menyoroti kelemahan dalam konsumsi swasta, memperburuk risiko bagi perekonomian yang sedang berjuang dengan perlambatan ekspor dan investasi bisnis. Sentimen di kalangan konsumen dan perusahaan dapat melemahkan setelah Inggris pekan lalu memutuskan untuk meninggalkan Uni Eropa mengguncang pasar keuangan global, penguatan yen dan menekan saham.

Sebuah penurunan penjualan mobil mini yang dibangun dari tes kontroversi bahan bakar ekonomi juga agak menekan penjualan ritel, menurut BNP Paribas. Penjualan kendaraan bermotor turun 0,3 persen pada Mei dari April, meskipun mereka naik 3,1 persen dari tahun sebelumnya, menurut laporan kementerian perdagangan ini. Penjualan mobil mini terus menjadi lamban, meskipun penjualan mobil penumpang lainnya yang kuat sebagian karena model-model baru.

Mitsubishi Motors Corp pekan lalu memperkirakan kerugian pertama dalam delapan tahun setelah menyisihkan biaya kompensasi yang berkaitan dengan memanipulasi peringkat efisiensi bahan bakar dan memalsukan data uji. Penjualan mini-car Suzuki Motor Corp di Jepang tertekan oleh pengakuan perusahaan menggunakan metode pengujian bahan bakar ekonomi yang tidak tepat, jatuh 18 persen pada Mei.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here